Kuatkan ideologi Muhammadiyah, Pimpinan Uhamka Laksanakan Darul Arqam

Jumat, 22 Maret 2024 | 17:25 WIB Last Updated 2024-03-22T10:25:13Z


KabarPendidikan.id
 - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Darul dan Baitul Arqam Pimpinan Uhamka dengan tema Eratkan Persaudaraan, Kuatkan Ideologi Persyarikatan, Wujudkan Kepemimpinan Kampus Berkemajuan yang diselenggarakan di Bumi Gumati Convention Resort, Sentul, Bogor, Jawa Barat (22-24/3)

 

Kegiatan Darul dan Baitul Arqam Pimpinan Uhamka merupakan kegiatan kaderisasi jajaran pimpinan Uhamka yang berbasis kepada pedoman Muhammadiyah sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yang dilandaskan oleh ibadah, komitmen dan profesionalitas dalam bekerja di badan amal usaha Muhammadiyah, salah satunya Uhamka. Darul Arqam diperuntukan kepada jajaran pimpinan yang mencakup BPH, Rektor, Wakil Rektor, dan jajaran pimpinan dekan dan kepala biro juga badan lembaga, sedangkan Baitul Arqam diperuntukan untuk jajaran pimpinan yang mencakup Wakil Dekan, Wakil Kepala Lembaga dan tingkatan Eselon 3 dari Uhamka.

 

Kegiatan dihadiri oleh Prof. Dadang Kahmad selaku Kepala Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka, Prof. Sudarnoto selaku Sekretaris BPH Uhamka dan jajaran anggota BPH Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Faiz Rafdhi selaku Wakil Ketua IV Pimpinan Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPK SDI) Muhammadiyah, Anisia Kumala selaku Wakil Rektor I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof. Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka serta jajaran pimpinan dekan, wakil dekan fakultas, pimpinan badan dan biro yang ada di lingkungan Uhamka. 

 

Prof. Sudarnoto selaku Sekretaris BPH Uhamka menyampaikan bahwa konsep Darul dan Baitul Arqam merupakan bentuk implementasi dari QS Al-Mujadalah ayat 11 mengenai perintah dalam menghadiri majelis untuk berdiskusi, bersikap terbuka dan berbagi ilmu kepada sesama.

 

“Kegiatan Darul dan Baitul Arqam ini berlandaskan kepada QS Al-Mujadalah ayat 11 tentang menghadiri majelis yang mengajarkan kita bahwa dalam segala kegiatan kita terutama dalam bekerja agar selalu bersikap terbuka akan pemikiran dan pandangan orang lain dalam diskusi untuk mencapai kesepakatan bersama dengan didasari oleh ilmu dan iman,” ujar Prof. Sudarnoto.

 

Selanjutnya, Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan pentingnya penguatan komitmen dan keihklasan dalam mencapai profesionalitas dalam bekerja dan menjalani Amanah melalui pelatihan selama Darul dan Baitul Arqam ini.

 

“Baitul Arqam dengan tema dengan penguatan komitmen dan keikhlasan karena suka pasang surut disamping kerja keras yang harus terus kita jaga dalam keseharian kita dalam mewujudkan perkembangan dunia pendidikan yang professional. Saya berharap, para pimpinan agar dapat bisa berpegang teguh kepada 2 poin tersebut agar tercapainya profesionalitas di Uhamka,” ucap Prof. Gunawan.

 

Selain itu, Faiz Rafdhi selaku Wakil Ketua IV Pimpinan Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPK SDI) Muhammadiyah mengungkapkan bahwa Uhamka telah menjadi pelopor dalam kegiatan pengkaderan SDM amal usaha Muhammadiyah melalui kegiatan Baitul dan Darul Arqa mini dengan berfokus pada penguatan ibadah dan silahturahmi sesama pimpinan.

 

“Uhamka telah menjadi salah satu PTMA yang mempelopori kegiatan pengkaderan dan pembinaan SDM amal usaha Muhammadiyah yang unggul bergerak di bidang pendidikan melalui kegiatan Darul dan Baitul Arqam ini dengan berfokus kepada ibadah-ibadah utama keagamaan yang berbasis kepada Al-Islam Kemuhammadiyahan,” pungkas Faiz.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuatkan ideologi Muhammadiyah, Pimpinan Uhamka Laksanakan Darul Arqam

Trending Now

Iklan

iklan