PKM Berbasis Prodi Pendidikan Fisika

Selasa, 08 Juni 2021 | 17:55 WIB Last Updated 2021-06-11T23:44:31Z

  

Kabarpendidikan.id Rabu, 2 Juni 2021 tim PKM berbasis prodi yang di ketua oleh Adam Malik dengan anggota Seni Susanti mengadakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema "In House Training Penguatan Konten dan Pedagogik Konten Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Pola Lesson Study bagi Guru-guru Fisika” yang dilaksanakan di Aula Dinas Sumedang di daerah Tegal Kalong, Sumedang. Kegiatan ini merupakan pembekalan bagi guru-guru fisika/IPA, karena dengan tema yang diusung pada acara ini dapat meningkatkan penguatan konten dan pedagogik konten guru-guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.  

 

Kegiatan ini di hadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Kasi TPK Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, 30 guru-guru Fisika dari berbagai perwakilan rayon MGMP IPA Kabupaten Sumedang. Dian Sukmara selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dalam sambutannya mengatakan “Sebagai guru tidak hanya harus memahami materi untuk dijelaskan kepada muridnya, tetapi guru juga harus memahami semua karakter dan sifat muridnya, agar pada saat proses pembelajaran berlangsung dapat berjalan dengan lancar. Memang tidak mudah menghadapi murid-murid dengan berbagai karakteristik nya masing-masing, maka dari itu guru harus memiliki sikap yang bijaksana dalam menghadapi semua karakter peserta didik, Melalui kegiatan ini maka diharapkan dapat membimbing guru untuk dapat lebih memanfaatkan alat-alat praktikum dilaboratorium dengan sebaik-baiiknya.“

 

Pada saat penyampaian materi berlangsung, Adam selaku pemateri menyampaikan bahwa Fisika adalah kegiatan pembelajaran yang identik dengan mempelajari fenomena alam, maka kita diharuskan untuk merubah mindset. Ruh utama Fisika yaitu “melakukan penyelidikan”. Karakter pembelajaran Fisika dapat diperoleh berdasarkan sikap ilmiah yang menghasilkan: teori, konsep dan prinsip. Hal yang harus ditanamkan seorang guru kepada siswa, contohnya "Jika berpikir sangat sulit maka yang terjadi pasti akan sulit, jika berpikir mudah maka yang terjadi pasti akan mudah pula". Fenomena Fisika ini berkaitan dengan apa yang kita alami dan rasakan pada kehidupan sehari-hari.

 

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa kompetensi pada pembelajaran Fisika, diantaranya: kemampuan memecahkan masalah/bukan sebagai pembuat masalah, kemampuan menganalisis fenomena fisika, kemampuan bekerja dalam sebuah tim, kemampuan menggunakan teknologi, kemampuan penyelidikan. Pedagogik konten untuk pembelajaran fisika dapat dilaksanakan dengan melakukan penyelidikan. Salah satu cara melakukan penyelidikan yaitu dengan melakukan praktikum di laboratorium. Guru dapat melakukan praktikum dengan peserta didik dengan menggunakan petunjuk praktikum. Ada empat jenis petunjuk praktikum yang dapat digunakan yaitu verifikasi/cookbook/tradisional lab, inkuiri, Problem Solving Laboratory, dan Higher Order Thinking Laboratory (HOT Lab). Masing-masing petunjuk praktikum memiliki karakteristik dan panduan/tahapan melakukan praktikum. Guru dapat memilih keempat petunjuk praktikum disesuaikan dengan karakteristik materi ajar, karakteristik perkembangan peserta didik, ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium, dan kompetensi profesional guru itu sendiri.

 

Pelaksanaan kegiatan PKM ini mendapat respon positif dari guru-guru fisika serta perwakilan MGMP IPA dari setiap Rayon di Kabupaten Sumedang. Salah satu respon dan testimony positif yang diberikan oleh Bapak Enja “Mengucapkan terimakasih kepada pihak UIN khususnya kepada Bapak Adam Malik yang telah membagi pengetahuan serta keterampilannya, mudah-mudahan menjadi barokah untuk UIN khususnya, umumnya untuk pedidikan di wilayah Sumedang, pada masa pandemic ini mungkin baru pertama ini kegiatan tatap muka MGMP secara resmi, satu hal yang memang harus kita beranikan dengan pandemic ini untuk menambah wawasan tetapi tetap menjaga kesehatan. Mudah-mudahan kegiatan ini ditindaklanjuti oleh dinas pendidikan untuk mata-mata pelajaran yang lain bukan hanya IPA, kalau bisa materinya yang HOT juga”

 

Kegiatan berlangsung secara khidmat, tertib dan tetap mengikuti aturan pemerintah untuk tetap mentaati protocol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Rencana tindak lanjut dari kegiatan PKM ini akan mengimplementasikan hasil pemaparan materi yang telah disampaikan dengan pola lesson study. Rencana tindak lanjut akan dilaksanakan di empat wilayah rayon MGMP IPA Kabupaten Sumedang selama bulan Juni 2021 ini.

 

    

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PKM Berbasis Prodi Pendidikan Fisika

Trending Now

Iklan

iklan