Ozon

Senin, 28 Juni 2021 | 22:31 WIB Last Updated 2021-06-28T15:31:53Z

  

Karya Nur Aisyah Luthfiati

Mahasiswa FEB Uhamka

O

3 atau lebih sering dikenal dengan Ozon. Ozon adalah lapisan yang terdapat di dalam atmosfer, yang tersusun dari tiga molekul oksigen. Fungsi dari ozon itu sendiri adalah untuk melindungi bumi dari paparan radiasi sinar UV (ultraviolet) matahari. Tahukah kamu bahwa sinar UV dapat menyebabkan terjadinya kanker pada kulit dan kerusakan mata.


Seiring berjalannya waktu, lapisan ozon semakin menipis yang akan mengakibatkan kenaikan suhu di muka bumi, sehingga menjadi panas. Maka dari itu, menjaga lapisan O3 sangatlah penting bagi planet bumi ini agar tetap ramah.


Banyak penyebab dari lapisan ozon menipis, salah satunya ialah penggunaan refrigeran yang berlebihan pada sistem pendingin atau refrigerator. Mengapa ? karena terdapat zat berbahaya di dalamnya, yaitu CFC (chlorofluorocarbonatau HCFC (hydrochlorofluorocarbon), yang dapat memicu terjadinya global warming (pemanasan global). Tidak hanya ada pada sistem pendingin, zat berbahaya tersebut juga ada pada kaleng semprot, busa pengembang dan bahan pelarut.


Apa itu CFC dan HFCF ? CFC adalah senyawa organik yang mengandung atom klorin, fluorin dan karbon. Sedangkan HFCF adalah senyawa organik yang mengandung atom hidrogen, klorin, flourin dan carbon. Untuk mengurangi kerusakan lapisan ozon, maka carilah produk yang terbebas dari kedua zat berbahaya tersebut.


Beberapa cara untuk mencegah kerusakan lapisan ozon diantaranya, menggunakan produk yang terbebas dari zat CFC atau HFCF , zaman sekarang sudah banyak sistem pendingin yang di produksi tanpa mengandung zat berbahaya tersebut; mengurangi penggunaan kendaraan pribadi; menggunakan listrik dengan bijak; mengurangi pemakaian produk pada kaleng semprot; menggunakan AC (air conditioner) sesuai dengan kebutuhan; menggunakan zat pembersih yang alami agar ramah lingkungan.


Itulah beberapa cara yang dapat mencegah agar lapisan ozon tidak semakin terkikis. Semoga dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ingat ! Mencegah lebih baik daripada mengobati. Salam lestari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ozon

Trending Now

Iklan

iklan