Usaha Online Shop Sangat Cocok Dikembangkan di Masa Pandemi

Rabu, 24 Maret 2021 | 11:48 WIB Last Updated 2021-03-28T14:49:00Z


Kabarpendidikan.id
Pada dasarnya, yang menggerakan pertumbuhan ekonomi adalah dunia usaha. Sedangkan peran pemerintah bersifat menanggulangi dampak pandemi dan mendukung dunia usaha. Aktvtas ekonoi, baik di pabrik maupun sector lainya seperti, pusat perbelanjaan, resto, berbeda dengan sebelum pandemi. Protokol Kesehatan, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker, akan menjadi keseharian. Kapasitas para pekerja ataupun kapasistas produksi saat ini tidak akan sebesar sebelum masa pandemic ini terjadi. Situasi ini dapat dimanfaatkan bagi para pengusaha dagang online.

 

Dengan meningkatnya usaha dagang online yang merebak di Indonesia, ditambah kecanggihan teknologi yang menggabungkan platform online dan layanan jasa maupun produk tentu saja mendatangkan banyak keuntungan dan kerugian baik dari pihak produsen, distributor maupun konsumen.

 

Situasi tersebut dimanfaatkan oleh penyedia layanan untuk mengembangkan bisnis mereka melalui e-commerce yang salah satu bentuknya adalah online shop atau belanja online. Berbagai inovasi dilakukan oleh penyedia barang maupun jasa untuk mempromosikan sekaligus menggencarkan produk melalui media sosial yang diyakini memiliki pengaruh besar dalam pemasaran produk. Meningkatnya online shop di Indonesia hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat khususnya anak muda yang identik dengan hal-hal instan tanpa mengeluarkan banyak tenaga dalam pemenuhan kebutuhan. Namun tetap saja, dibalik kemudahan dan kecepatan belanja online terdapat dampak positif maupun negative yang dirasakan oleh pengguna.

 

Melalui online-shop ini, pembeli tidak perlu susah payah mendatangi toko hanya untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Pembeli bisa melihat dan dagangan yang dijual melalui smartphone. Penjual dan pembeli tidak perlu tatap muka untuk melakukan transaksi. Pembeli tinggal memesan barang yang diinginkan, kemudian pembayarannya bisa dilakukan dengan transfer melalui bank atau credit-card. Setelah itu, barang akan dikirimkan ke alamat sesuai keinginan pembeli. 

 

(Meti Regita C : Mahasiswi Akuntansi FEB Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usaha Online Shop Sangat Cocok Dikembangkan di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan