Pentingnya Madrasah Sebagai Sarana Pembentukan Moral Bangsa

Rabu, 24 Maret 2021 | 15:57 WIB Last Updated 2021-03-28T14:59:16Z


Kabarpendidikan.id
Madrasah merupakan salah satu contoh dari lembaga pendidikan agama Islam di Indonesia. Madrasah masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat bahkan masyarakat Islam itu sendiri. Lembaga pendidikan Islam seperti madrasah ini lahir dari bawah dengan idealisme tinggi dan semangat kemandirian. Lebih dari ribuan madrasah bisa didirikan di Indonesia tanpa adanya bantuan pemerintah.

 

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tentu akan memberlakukan kurikulum yang bermuatan agama Islam pada setiap jenjang pendidikan. Pendidikan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar sangat penting dan mempengaruhi terhadap pengenalan dan pemahaman agama pada anak sejak dini. Dengan adanya madrasah ibtidaiyah ini juga dapat membantu mengembangkan potensi anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, mendapatkan ilmu yang bermanfaat, mandiri dan berguna bagi banyak orang.

 

Madrasah sebagian besar terlaksana oleh pihak-pihak swasta atau perseorangan, pihak perseorangan yang peduli dengan pendidikan agama dan biasanya sekaligus berperan sebagai pengajar. Biasanya tenaga pendidiknya bagi madrasah yang ada di daerah pedesaan mengandalkan tenaga lokal yakni tenaga pendidik dari desa tersebut. Gaji tenaga pendidik hanya dapat honor rata-rata Rp. 200.000-300.000 perbulan, bahkan per 6 bulan sekali. Jadi, bekerja sebagai tenaga pendidik di pedesaan benar-benar mengandalakan ‘sedikasihnya’.

 

Maka kiranya pemerintah perlu melirik dan lebih peduli atas kendala dan kesulitan yang dihadapi madrasah terutama dalam menyediakan alokasi anggaran yang tidak diskriminatif antara sekolah umum dan madrasah.

 

(Sumaya Karimah/ Mahasiswa D3 Akuntansi FEB Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Madrasah Sebagai Sarana Pembentukan Moral Bangsa

Trending Now

Iklan

iklan