Mahasiswa Pendidikan Matematika berikan Sosialisasi mengenai Covid-19 melalui Games

Rabu, 24 Maret 2021 | 18:04 WIB Last Updated 2021-03-29T11:14:34Z


Kabarpendidikan.id
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa perguruan tinggi yang programnya sebagai bentuk integrasi dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Manfaat dari adanya pelaksanaan KKN adalah sebagai sarana untuk mentransformasikan ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi ke masyarakat guna membantu masyarakat untuk memecahkan masalah yang ada di tengah masyarakat.


Salah satu Kuliah Kerja Nyata yang direkomendasikan Mendikbud untuk dilakukan di tengah COVID-19 adalah KKN Tematik. Sejak kemunculan kasus pertama positif COVID-19 di Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi positif dan meninggal masih terus meningkat. Untuk menyelesaikan dan membantu pengurangan penyebaran COVID-19, mahasiswa dapat berkontribusi dengan program KKN Tematik COVID-19. 


Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa UHAMKA pada KKN Tematik ini adalah sosialisasi pencegahan penyebaran Corona Virus dengan cara membuat games interaktif pada anak-anak. Kegiatan ini dilaksanakan pada di Jl. Cantiga, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Sejumlah 8 anak mengikuti kegiatan KKN Tematik yanv dilaksanakan oleh mahasiswa UHAMKA. Games interaktif yang diberiksn berjudul "RANGKING 1" dengan tema seputar COVID-19 dan pengetahuan umum. Anak akan diberikan beberapa pertanyaan, lalu mereka akan mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian mereka akan mendapatkan point apabila berhasil menjawab. Jika berhasil mengumpulkan banyak point maka akan mendapatkan hadiah.


Khoerul Umam selaku dosen Pendidikan Matematika Uhamka menuturkan bahwa "kegiatan KKN Tematik ini sebagai bentuk pembelajaran dan langsung di praktikan di lapangan sehingga mahasiswa dapat mengetahui situasi di lapangan dan dapat dengan sigap untuk menyikapinya diantaranya bisa melalui games," ujarnya.


Dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dipadukan dengan games interaktif, anak-anak akan dapat lebih mudah untuk memahami informasi yang diberikan. Selain itu menjadikan anak untuk lebih aktif dalam kegiatan, melatih rasa percaya diri anak ketika berbicara di depan umum. Selain itu sejumlah kemampuan kognitif anak juga dapat terlatih, seperti kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemahaman. Melalui games tersebut rasa ingin tahu anak terhadap suatu hal yang baru juga ikut berkembang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Pendidikan Matematika berikan Sosialisasi mengenai Covid-19 melalui Games

Trending Now

Iklan

iklan