Dosen Fikes UHAMKA Adakan Konseling Gizi Remaja Untuk SMA dan SMK di Jakarta

Kamis, 25 Maret 2021 | 10:51 WIB Last Updated 2021-03-26T07:43:46Z


Kabarpendidikan.id
Saat ini pandemi covid 19 menjadi ancaman untuk semua orang termasuk remaja. Penularan covid 19 pada remaja akan berdampak pada produktifitas remaja, Kesehatan secara keseluruhan dan dampak sosial seperti stigma dan diskriminan pada remaja yang tertular. 


Dosen program studi Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka yang terdiri dari Nia Musniati serta Retno Mardhiati selenggarakan pengabdian masyarakat dengan tema Konseling Gizi Remaja Sebagai Upaya Motivasi Peningkatan Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan yang diselenggarakan melalui online virtual zoom meeting dilakukan di 2 sekolah yaitu SMA Muhammadiyah 13 Jakarta pada tanggal 2-3 Januari 2021 serta SMK Muhammadiyah 2 Jakarta pada tanggal 12 Januari 2021.


"Tujuan dilaksanakan pengmas ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan perilaku makan sehat bergizi seimbang dan bervariasi. Materi yang disampaikan ada 2, yang pertama perilaku Protokol kesehatan pencegahan COVID-19, materi kedua tentang gizi remaja dan imun tubuh." Tutur Nia Musniati selalu Ketua Penyelenggara. 


Nia mengungkapkan, dalam pemaparan materi, Ia beserta Retno menggunakan dua metode atau solusi. Solusi pertama adalah pemberian Komunikasi Informasi Edukasi/KIE tentang Gizi dan Imun, serta protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 melalui ceramah. Solusi ke 2 adalah pelaksanaan konseling gizi remaja dan pencegahan COVID-19.


Siswa dan juga guru pendamping sebagai peserta yang mengikuti kegiatan ini terlihat sangat antusias. Dibuktikan dengan adanya keaktifan yang terlihat pada sesi tanya jawab.


Harapannya, edukasi yang disosialisasikan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari siswa dalam jangka panjang untuk berperan aktif dalam menerapkan perilaku protokol kesehatan dalam upaya pencegahan COVID-19. Siswa diharapkan dapat menjadi Agent Of Change untuk keluarga dan masyarakat. (FHA) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen Fikes UHAMKA Adakan Konseling Gizi Remaja Untuk SMA dan SMK di Jakarta

Trending Now

Iklan

iklan