Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa

Senin, 22 Maret 2021 | 11:20 WIB Last Updated 2021-03-28T14:21:15Z

 


Kabarpendidikan.id Karakter adalah unsur pokok di dalam diri manusia yang mampu membentuk karakter psikologi dan perilaku. Hal tersebut sangatlah berkaitan erat dalam mencerminkan seperti apa diri seseorang. Oleh karenanya, orang yang memiliki perilaku tidak jujur, jahat, pengumpat, dll dikategorikan pribadi dengan karakter buruk.Sedangkan seseorang dengan sikap baik hati, jujur, suka menolong, mudah memaafkan, dan sebagainya dikategorikan sebagai pribadi dengan karakter mulia dan terpuji. Secara garis besar, istilah karakter erat kaitannya dengan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. Untuk membentuk karakter seperti ini dibutuhkan adanya pendidikan karakter.

 

Pendidikan dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun Negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan juga pada karakter dari pribadi dari setiap orang.

 

Selain itu, harus ditanamkan juga pendidikan karakter seperti rasa hormat , Iman yang benar, Sikap yang kokoh, dan bermanfaat bagi orang lain pada siapapun orangnya. Setiap manusia harus memiliki sikap ini, bahkan ketika anak-anak masih di usia sekolah. Misalnya saja adik kelas mempunyai rasa hormat pada kakak kelas, siswa yang hormat pada guru, satpam, ibu kantin, dan sebagainya.

 

Pendidikan karakter ini tidak hanya sekedar mengajarkan mana yang benar dan salah saja pada generasi penerus bangsa. Tetapi lebih dari itu, pendidikan ini juga haruslah mampu menanamkan kebiasaan yang baik bagi anak agar anak menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan beradab. Pendidikan ini membawa misi yang sama dengan pendidikan akhlak atau pendidikan moral, di mana tujuannya adalah untuk membangun peradaban bangsa.

 

Jangan sampai generasi muda ini hanyut dalam perilaku buruk yang justru akan menjerumuskan. Padahal, generasi muda inilah yang nanti akan berperan dalam kemajuan bangsa dan membangun bangsa yang beradabPendidikan karakter memang perlu diajarkan agar generasi muda menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi dan berkualitas, serta berguna bagi peradaban bangsa.

 

(Deaninda Shafa/ Mahasiswa Pendidikan B. Inggris FKIP UHAMKA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa

Trending Now

Iklan

iklan