5 Alasan Pentingnya Pendidikan Keuangan untuk Hidupmu

Senin, 22 Maret 2021 | 15:30 WIB Last Updated 2021-03-28T14:34:31Z


Kabarpendidikan.id
Pendidikan finansial merupakan salah satu isu penting yang harus anda pahami dalam hidup. Namun, ketika anda lulus dari perguruan tinggi, anda tidak akan menerima pendidikan finansial ini. Padahal, keterampilan tersebut bisa menentukan keberhasilan anda dalam mengelola keuangan.

 

Dengan bantuan pengetahuan finansial, anda dapat mengumpulkan kekayaan di masa depan, menikmati keamanan dan kebebasan finansial. Berikut ini akan menjelaskan pentingnya pendidikan finansial bagi hidup anda:

 

1. Tidak ragu dalam mengambil keputusan keuangan

Jangan ragu untuk membuat keputusan finansial. Setiap ahli keuangan memiliki pendapat yang berbeda-beda. Beberapa orang percaya bahwa hutang harus dilunasi terlebih dahulu, sementara yang lain percaya bahwa hutang dapat digunakan untuk mengumpulkan kekayaan. Lantas, dari perspektif ini, mana yang bisa dipercaya? Padahal, menurut pertanyaan masing-masing pakar, pandangan ini memiliki keaslian yang sangat relatif, sehingga saran yang diberikan mungkin saja berbeda atau bahkan kontradiktif. Oleh karena itu, melalui pendidikan finansial, anda dapat dengan percaya diri membuat keputusan yang tepat untuk diri anda sendiri.

 

2. Tau strategi keuangan yang cocok

Ketahui strategi keuangan yang tepat saat ini, ada banyak strategi keuangan yang bisa dipelajari, seperti investasi. Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa orang tidak cocok dengan salah satu strategi keuangan ini. Dengan menguasai pengetahuan keuangan, anda dapat menemukan strategi terbaik yang dapat digunakan untuk mencapai keamanan dan kemandirian finansial.

 

3. Bertanggung jawab dengan keputusan yang diambil

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa penasihat keuangan dapat menyelesaikan masalah keuangan, seperti tabungan pendidikan, rencana investasi, dan jaminan pensiun. Namun, perlu diingat bahwa penasihat keuangan hanya memberikan nasihat. Kemudian, anda sendiri yang bertanggung jawab atas keputusan manajemen keuangan yang anda pilih. Memprioritaskan pendidikan keuangan adalah cara untuk bertanggung jawab atas masa depan keuangan anda sendiri.

 

4. Pengetahuan keuangan menentukan batas kekayaanmu

Pengetahuan finansial merupakan salah satu hal yang dapat menentukan batas pertumbuhan kekayaan anda. Artinya ketika tingkat pengetahuan keuangan anda meningkat, batas kekayaan anda juga akan meningkat ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, pengetahuan finansial ini juga menentukan tingkat keberhasilan investasi anda. Pengetahuan yang kaya tentang investasi juga dapat membantu anda mengendalikan kerugian yang mungkin terjadi kapan saja.

 

5. Pendidikan keuangan jadi investasi terbaik

Pendidikan finansial yang anda terima sama dengan investasi. Karena anda harus berkorban dan menghabiskan waktu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi di masa depan. Semakin cepat anda mendapatkan investasi dan pendidikan finansial, semakin cepat anda akan mendapatkan imbalan.

 

Itulah beberapa alasan pentingnya pendidikan finansial dalam hidup anda. Melalui edukasi finansial, anda pasti akan mendapatkan keuntungan di masa depan. Semoga bermanfaat.

 

(Putri Rafida/ Mahasiswa D3 Akuntansi FEB Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 5 Alasan Pentingnya Pendidikan Keuangan untuk Hidupmu

Trending Now

Iklan

iklan