Pohon Seribu Manfaat

Minggu, 10 April 2022 | 11:00 WIB Last Updated 2022-05-09T04:04:52Z

 

Oleh : Alika Mufti Amalia

Mahasiswa Uhamka


Pohon kelapa merupakan pohon seribu manfaat, karena mempunyai banyak manfaat mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan buahnya. Pohon kelapa memiliki banyak manfaatnya seperti batang kelapa yang sudah tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu, dan kayu bakar. Pohon kelapa banyak ditemui dipesisir pantai yang berguna untuk mencegah erosi.

Bagian buah merupakan bahan yang memiliki banyak manfaat. Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Daging kelapa yang sudah cukup tua dapat dijadikan sebagai kelapa parut, santan, dan minyak kelapa. Sedangkan daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman. Sementara air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pada fermentasi nata de coco.

Selain mempunyai banayk manfaat, ternyata pohon kelapa dapat juga meningkatkan perekonomian manusia. Dari bagian bagian pohon kelapa, kita bisa membudidayakannya menjadi barang barang yang berkualitas. Di Indonesia budidaya pohon kelapa sangat cocok karena memiliki iklim tropis, yaitu iklim yang cocok untuk pertumbuhan pohon kelapa.

Selain itu dapat meningkatkan perekonomian manusia, pohon kelapa juga mempunyai manfaat bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kelapa akan berdampak besar untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh yang kita miliki. Sehingga tubuh kita tidak mudah terjangkit oleh berbagai jenis penyakit.

Manfaat untuk kehidupan berasal dari akar kelapa. Akar pohon kelapa juga dapat dijadikan kayu bakar. Kemudian sabut kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sapu. Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan, barang anyaman, atau ketupat dan juga atap rumah. Sementara tulang daunnya dijadikan sapu lidi dan tusuk sate.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pohon Seribu Manfaat

Trending Now

Iklan

iklan