Pengalaman Belajar Di Rumah Masa Pandemi Covid-19

Minggu, 07 Februari 2021 | 15:44 WIB Last Updated 2021-02-10T13:45:27Z


Kabarpendidikan.id
Kegiatan belajar mengajar melalui media daring atau online kian menjadi populer di tengah masyarakat. Anak-anak sedang tidak diperbolehkan untuk keluar rumah, metode online atau belajar daring adalah alternatif paling baik yang bisa diaplikasikan setiap lembaga pendidikan untuk tetap dapat membuka kelas bagi seluruh murid-muridnya. Saat ini teknologi sangat membantu dalam setiap pergerakan manusia. Kemajuan dalam dunia internet dengan partner handphone pintar membuat kehidupan semakin mudah dan tanpa jarak. Begitupun aktivitas manusia tak jauh dari hal yang berbau online. Belajar pun bisa secara online.


Sudah berapa lama kita di rumah saja? Rasanya sudah sangat lama. Semua kegiatan, pekerjaan, bersekolah, semuanya serba online. Awalnya terasa aneh, tapi lagi-lagi kita akan terbiasa. Ini pengalaman pertama belajar online, tidak pernah terbayang akan belajar online seperti ini dan tidak pernah sebelumnya mempunyai pengalaman sekolah online. Rasanya campur aduk sekali, terkadang merasakan nyaman untuk bersekolah dari rumah tetapi ada tidak nyaman juga.

Dirumah bukan hanya saya saja yang bersekolah online, tapi ada dua keponakan. Pengalaman belajar masa pandemi COVID-19 ini awalnya sangat sulit menurut saya, terkadang jika ada tugas atau harus zoom kelas ponakan saya akan menangis. Jika diberi tugas yang cukup banyak mereka mengeluh dan menangis, setelah beberapa bulan ini menjalankan belajar online mereka sudah lumayan bisa mengikuti kegiatan tersebut. Saya sendiri terkadang mengalami kesulitan, mulai dari jaringan internet yang tidak stabil, tukang jualan yang lewat depan rumah, rumah tetangga yang sedang direnovasi dan alin sebagainya. Ada juga dampak positif dari belajar dirumah, seperti kita banyak mempunyai waktu dirumah bersama keluarga, waktu evisien belajar karena kita bisa belajar dan mengerjakan tugas kapan dan dimana saja.


Namun ada satu hal yang paling penting yaitu hadir dalam setiap proses belajar mengajar. Guru juga selalu hadir sebagai pendukung, pemecah masalah hingga tokoh panutan yang dapat memotivasi murid-murid untuk mengembangkan diri mereka terlebih lagi. Kehadiran guru yang menjaga interaksinya dengan siswa-siswinya merupakan satu hal yang tidak dapat tergantikan dalam dunia belajar mengajar. Walaupun ada banyak dampak baru yang terasa, saya tetap tidak ingin virus itu berlama-lama ada di bumi. Semoga kita semua dapat melaksanakan aktivitas kembali normal dan bumi kita lekas sembuh.

 

(Linda Febriani / Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengalaman Belajar Di Rumah Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan