Sri Mulyani Mengajar Siswa SD Hingga SMA dalam Peringatan Hari Oeang [Uang] Republik Indonesia

Kamis, 03 Desember 2020 | 07:54 WIB Last Updated 2020-12-03T00:54:01Z


Kabarpendidikan.id
Dalam rangka perayaan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pelajaran kepada  844 siswa dan siswi mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

 

Di tahun-tahun sebelumnya, Sri Mulyani mengajar langsung di dalam kelas sekolah. Namun, pada kesempatan kali ini, orang nomor satu di Kementerian Keuangan ini mendapat pengalaman pertamanya untuk mengajar via daring di tengah pandemi COVID-19.

 

Pelajaran yang diberikan Sri Mulyani adalah mengenai pengelolaan keuangan negara atau yang biasa dikenal dengan APBN. Ia menyebutkan bahwa mengelola keuangan negara sama seperti halnya seorang bendahara di kelas dan ibu rumah tangga mengelola keuangan keluarga. "Sama seperti di rumah kalian, orang tua bekerja nanti pendapatannya dipakai untuk bayar listrik, kuota internet," kata Sri Mulyani dalam acara mengajar Kemenkeu mengajar 5 secara virtual, Senin (30/11/2020).

 

Dalam mengelola keuangan negara, Sri Mulyani mengungkapkan dirinya harus mengumpulkan semua penerimaan negara mulai dari pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berasal dari layanan hingga royalti atas pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Indonesia.

 

Dari penerimaan atau uang yang dikumpulkan tersebut, Sri Mulyani mengatakan dana tersebut akan dimanfaatkan kembali untuk belanja. Anggaran belanja ini untuk macam-macam yang tujuannya memenuhi kehidupan seluruh masyarakat dari mulai pembangunan infrastruktur hingga bantuan kepada masyarakat. "Uang ini dipakai untuk mendanai kita bernegara, yang disebut belanja negara," jelas Sri Mulyani.

 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta kepada para siswa dan siswi Indonesia nantinya dapat berkontribusi terhadap penerimaan negara melalui pembayaran pajak. Ia pun menerangkan bahwa di tengah pandemi COVID-19 pemerintah harus menjamin pelaksanaan proses belajar mengajar harus tetap jalan. Upaya yang dilakukan pemerintah adalah membangun infrastruktur seperti teknologi informasi komunikasi yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar via daring. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sri Mulyani Mengajar Siswa SD Hingga SMA dalam Peringatan Hari Oeang [Uang] Republik Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan