Diskusi Prospek Profesi Lulusan Fikes Uhamka

Kamis, 03 Desember 2020 | 08:52 WIB Last Updated 2020-12-05T22:34:13Z


Kabarpendidikan.id
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau Uhamka adalah salah satu perguan tinggi yang memiliki Akreditasi A, Uhamka saat ini memiliki 40 Program Studi dari 9 Fakultas dan Pascasarja.

 

Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Uhamka yang saat ini dipimpin oleh Ony Linda sebagai Dekan serta dibantu oleh Wakil Dekan I yaitu Mouhamad Bigwanto dan Sarah Handayani sebagai Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat mengisi acara AP Kepoin Profesi & Jurusan dengan tema Promotor Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan oleh akupintar.id melalui siarang langsung Instagram @akupintar.id (2/12).

 

Dalam kegiatan ini, membahas terkait profesi dan prospek kerja, hingga seberapa krusial peran jurusan kesehatan masyarakat dalam melindungi masyarakat di masa pandemi saat ini. Mouhamad Bigwanto selaku Dosen FiKes UHAMKA sekaligus promotor kesehatan menjelaskan perbedaan public health dengan disiplin ilmu kesehatan lain adalah laboratoriumnya yang bukan hanya rumah sakit. Laboratorium public health adalah masyarakat.

 

“Banyak sekali variasi pekerjaannya nanti. Ada promotor Kesehatan, terus ada yang namanya epidiomolog, ada yang K3 [dibaca; Keselamatan dan Kesehatan Kerja] jadi kalo temen-temen yang seneng di perusahaan swasta bisa nanti di keselamatan dan  kesehatan kerja. Itu juga bisa. Ada yang mau di manajemen rumah sakit juga bisa.” Ujar Bigwanto.

 

“Jadi variasi nya banyak sekali. Mau jadi akademisi bisa. Mau jadi professional di perusahaan swasta juga bisa. Mau jadi PNS, banyak. Banyak sebenernya peluang yang bisa didapatkan Ketika teman-teman gabung di public health.” Tambahnya.

 

Dalam kegiatan ini juga membahas terkait apa saja yang dipelajari selama berkuliah di jurusan kesehatan masyarakat atau yang biasa dikenal dengan sebutan public health. Sarah Handayani yang merupakan Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FiKes UHAMKA menyebutkan “Jadi, dalam kurikulumnya yang dipelajari adalah pelajaran-pelajaran yang terkait hal mendasar ya. Jadi pengetahuan terkait Kesehatan masyakarat itu kita pelajari. Kalau di FiKes UHAMKA itu sampai di Semester IV. Kemudian Semester V nya masuk di peminatan. Peminatan itu kalau dasar-dasarnya kita belajar gizi masyarakat, belajar tentang biostatistik.”

 

“Kemudian belajar kesehatan lingkungan juga masuk dalam pelajaran dasar. Lalu Kesehatan kerja dan Kesehatan reproduksi. Nanti kemudian di semester V baru ada yang namanya peminatan. Nah, peminatan itu nanti lebih spesifik dipelajari lagi yang lebih detail tentang data dan kesehatan. Kalau kita bicara analisis, analisisnya itu lebih mendalam.” Ujarnya.

 

Ia juga menambahkan walaupun peminatan yang diambil berbeda, tetapi ketika lulus, semuanya masih dalam sebagai lulusan kesehatan masyarakat yang generalis. (FHA)

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskusi Prospek Profesi Lulusan Fikes Uhamka

Trending Now

Iklan

iklan