Insentif Rp 2 Triliun dari Merdeka Belajar Episode ke Enam di Nilai tak Ramah Untuk Kampus Kecil

Selasa, 10 November 2020 | 11:02 WIB Last Updated 2020-11-10T07:05:46Z


Kabarpendidikan.id
Melalui program Merdeka Belajar Episode ke Enam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim tengah mengalokasikan dana sebesar Rp2 triliun yang digunakan sebagai insentif atau pendanaan tambahan bagi perguruan tinggi negeri dan swasta. Namun demikian kebijakan tersebut mendapat beberapa kritik karena dinilai tak ramah untuk kampus kecil.

 

“Titik berangkat (kebijakan untuk) perguruan tinggi ini tidak sama untuk perguruan tinggi yang kecil. Kecil ini bukan berarti (sarananya) saja yang kecil, tapi kapasitas SDM-nya juga terbatas,” katanya kepada salah satu media melalui sambungan telepon, Senin (9/11).

 

Totok menjelaskan sumber daya manusia yang unggul sangat diperlukan, agar kampus memilki capaian yang diinginkan. Namun hal itu masih menjadi msalah bagi banyak kampus didaerah

 

Terlebih, sambung Totok, menggaet proyek dan bekerja sama bersama industri menjadi tuntutan tambahan bagi kampus. Ia khawatir pada muaranya insentif hanya akan didapat oleh kampus yang telah memilki nama besar dan lebih mumpuni.

 

Menurut Totok, kampus-kampus kecil di daerah membutuhkan lebih banyak biaya dan dorongan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitasnya.

 

“Memang ada matching fund, tapi mereka harus punya kapasitas dulu. Bayangkan, mereka mesti menggali potensi di daerah,” ujarnya.

 

“Mereka harus punya kapasitas untuk bernegosiasi. Bagaimana memahami keinginan dunia usaha, apalagi yang besar. Kalaupun ada peluang (untuk kampus kecil) mungkin dengan UMKM,” lanjutnya.

 

Totok merekomendasikan Kemendikbud juga berupaya memberikan insentif untuk membantu kampus kecil. Semisal dengan membiayai proyek kerja sama antara kampus besar dan kampus kecil.

 

Menurutnya, hal ini diperlukan guna memastikan kampus di penjuru daerah terfasilitasi dan memastikan pemerataan pendidikan terjalin.

 

(Sampai saat ini) Masih tetap yang PTN 10 besar atau 20 besar yang masih dominan. (PTN) Yang kecil-kecil masih banyak perlu didorong lagi.” Pungkasnya. (LBM)

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Insentif Rp 2 Triliun dari Merdeka Belajar Episode ke Enam di Nilai tak Ramah Untuk Kampus Kecil

Trending Now

Iklan

iklan