Pemkab Berau Dukung Program-Program Pendidikan Vokasi Guna Ciptakan SDM Andal

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:28 WIB Last Updated 2024-05-28T01:28:54Z


KabarPendidikan.id
- Peningkatan kualitas pendidikanpendidikan terus dilakukan sebagai upaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di Kabupaten Berau. Satu diantaranya, melalui pemberian pendidikan vokasi untuk menciptakan tenaga kerja lokal yang berkualitas dalam persaingan kerja di Kabupaten Berau.

 

Sehubung dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Berau melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Sinar Mas Berau Coal sebagai penyedia pendidikan vokasi di Kabupaten Berau.

 

Sri Juniarsih  selaku Bupati Berau dalam sambutannya Juniarsih menyampaikan pendidikan vokasi sangat penting sebagai upaya mengembangkan pendidikan berbasis keahlian tertentu. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian, keterampilan serta tersertifikasi dan mampu bersaing.

 

“Semua itu ada di Politeknik Sinar Mas Berau Coal,” ucap Sri.

 

Sri menegaskan Pemkab Berau mendukung program-program peningkatan kualitas pendidikan vokasi agar melahirkan tenaga kerja profesional dan mampu bersaing. Ia berharap fasilitas pendidikan seluruh sektor pendidikan di Kabupaten Berau dapat terus ditingkatkan, agar ketika putra dan putri daerah untuk menempuh pendidikan tidak perlu keluar daerah dan dalam serapan tenaga kerja dapat memprioritaskan tenaga kerja lokal. Sebagai bentuk kontribusi aktif perusahaan yang ada di Kabupaten Berau

 

“Hal ini sejalan dengan misi Pemkab Berau yakni meningkatkan SDM yang cerdas, sejahtera dan berbudi luhur. Kedepan kita tidak ingin ada anak-anak kita yang gagal dalam melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dikarenakan kekurangan biaya,” tutur Sri

 

Sementara itu, Kris Adi Nugraha selaku Direktur Politeknik Sinar Mas Berau Coal mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Pemkab Berau dalam hal peningkatan disektor pendidikan dan pengabdian masyarakat. Selain itu, pihaknya juga akan membantu dalam hal peningkatan diberbagai sektor lainnya. Satu diantaranya pada sektor perkebunan yang saat ini sedang berkembang sangat pesat di Kabupaten Berau.

 

“Perkembangan pada sektor perkebunan sangat pesat. Salah satunya dengan membantu melakukan survei dan pemetaan lahan untuk pengembangan perkebunan kakao, sawit dan sebagainya,” ujarnya.

 

Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan di Kabupaten Berau untuk melahirkan mahasiswa yang terampil. Dan juga meluluskan mahasiswa dengan memiliki sertifikasi yang berlaku secara nasional. Kris berharap, pihaknya dan Pemkab Berau terus bersinergi untuk meningkatkan kualitas diberbagai sektor demi kemajuan Kabupaten Berau.

 

“Jadi sertifikat yang kami keluarkan berstandar BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Semoga sinergi ini terus terjalin antara kami dan Pemkab Berau,” jelas Kris.

 

adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Berau Dukung Program-Program Pendidikan Vokasi Guna Ciptakan SDM Andal

Trending Now

Iklan

iklan