Distik DKJ Mengaplikasikan “Jakarta Sekolah Komintas” untuk Tingkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 18:57 WIB Last Updated 2023-10-15T12:07:54Z

 


KabarPendidikan.id - Dinas Pendidikan (Distik) Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta melakukan Upaya dalam peningkatan kualitas akses Pendidikan dengan program-program yang di arahkan untuk kesejahteraan para tenaga pengajar serta kurikulum pengajaran yang berlaku. (14/10/2023)

 

Purwosusilo selaku Pelaksana tugas (Plt) Distik Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa peningkatan kualitas Pendidikan akan difokuskan kepada jenjang Pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan peningkatan akses layanan sekolah PAUD dan biaya operasional untuk Negeri dan Swasta.

 

“Pemerinah Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memfokuskan peningkatan kualitas Pendidikan untuk level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terlebih dahulu di akses fasilitas, infrastruktur dan juga layanan sekolah PAUD yang lebih baik agar anak-anak mendapatkan Pendidikan yang berkualitas sebelum masuk jenjang SD. Peningkatan ini berlaku untuk Sekolah PAUD Negeri dan Swasta sesuai dengan seruan Gubernur No. 13 Tahun 2021.” Ucapnya.

 

Optimalisasi dan Peningkatan Kualitas PAUD diawali dengan pelatihan berjenjang bagi para tenaga kependidikan yang akan bertugas di Sekolah melalui Project Based Learning (PJBL) dan Sertifikasi lewat Pelatihan  Kerja Lapangan Bagi Guru-guru yang akan bertugas. Pemerintah juga mengadakan Program Jakarta Sekolah Komunitas sebagai media kerja sama antara para tenaga kependidikan dalam berdiskusi mengenai kurikulum pembelajaran yang diterapkan dalam peningkatan kompetensi siswa.

 

Purwosusilo juga berharap melalui program tersebut dapat menjadi wadah dalam meningkatkan kompetensi para tenaga kependidikan terutama guru dalam membangun Pendidikan yang maju dan mencerdaskan bagi Masyarakat.

 

“Ia berharap lewat Program Jakarta Sekolah Komunitas, dapat menjadi sarana bagi para tenga kependidikan yang mencakup kepala sekolah, para guru serta karyawan sekolah dalam berdiskusi satu sama lain dalam membahas mengenai kurrikulum dan media pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para siswa dalam menciptakan Pendidikan yang lebih bagus dan berkualitas.” Tutur Purwosusilo.

           

Purwosusilo juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membangun kurang lebih sebanyak 167 PAUD Negeri dan 4000 swasta dari 5 kota agar para warga dapat mengakses sekolah PAUD dengan mudah dan mendaftarkan anaknya untuk sekolah disana.

 

“Sejauh ini, Pemrov DKI Jakarta telah memiliki kurang lebih 4167 Sekolah PAUD yang mencakup 167 PAUD Negeri dan 4000 Swasta yang tersebar di 5 kota wilayah DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.) untuk mempermudah para warga dalam mendaftarkan anaknya untuk bersekolah disana dan mendapatkan jatah Pendidikan yang layak dan seharusnya.” Ucapnya.

 

Itje Chodijah selaku Pengamat Dunia Pendidikan mengapresiasi langkah tersebut sebagai peningkatan Pendidikan di DKI Jakarta yang semakin bagus setiap tahunnya. Dia juga menyarankan bahwa setiap guru harus diberikan pelatihan sebagai sarana pengenalan bidang pengajarannya sehingga sesuai dengan kebutuhan dan indicator pengajaran.

 

“Sistem Pendidikan DKI Jakarta sudah meningkat setiap tahunnya, terlebih lagi lewat kebijakan baru yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam peningkatan kualitas Pendidikan yang lebih baik terutama di jenjang PAUD. Ia juga meminta agar para guru dan tenaga kependidikan dapat diberikan pelatihan terlebih dahulu sebagai pengenalan awal dari bidang pengajaran yang akan pegang saat bertugas nanti sehingga sudah terbiasa dan dapat beradaptasi dengan mudah.” Pungkasnya.

 

Novia Rahmawati/GJF

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Distik DKJ Mengaplikasikan “Jakarta Sekolah Komintas” untuk Tingkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan