Kepala Disdik Sleman Minta Guru Agar Tidak Berikan PR ke Siswa SD dan SMP

Kamis, 21 September 2023 | 13:41 WIB Last Updated 2023-09-21T06:41:24Z


KabarPendidikan.id
- Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman telah menerapkan kebijakan lima hari sekolah, dimulai semester pertama tahun ajaran 2023/2024. Lima hari sekolah di Sleman untuk jenjang pendidikan anak usia dini, SD, dan SMP.

 

Ery Widaryana  selaku Kepala Disdik Sleman menuturkan, pelaksanaan lima hari sekolah di Sleman berjalan lancar. Evaluasi juga terus dilakukan, mulai dari evaluasi mingguan dan bulanan. Sehingga apabila ada hal yang kurang atau tidak pas bisa segera ditindaklanjuti.

 

 "Alhamdulilahberjalan dengan lancar hingga saat ini, orang tua mendukung dan anak merasa senang," tutur Ery.

 

Menurut Ery, sekolah lima hari membuat jam belajar menjadi panjang. Dengan begitu, para guru memiliki banyak kesempatan untuk mendampingi siswa dalam penguatan karakter. Sementara pada Sabtu dan Minggu, siswa bersama dengan orang tua.

 

"Kita juga menguatkan parenting, agar orang tua ikut mendampingi saat anak tidak sekolah," ucap Ery.

 

Ery juga menekankan kondisi belajar di sekolah lebih panjang, maka guru diminta tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) secara berlebihan. Ditakutkan justru hal itu bisa membebani para siswa.

 

"Karena sudah banyak menghabiskan waktu di sekolah, maka jangan diberikan tugas PR sehingga bisa langsung didampingi," ujarnya.

 

Sementara itu, Rudy selaku orang tua siswa di Sleman, mengaku lima hari sekolah dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan bersama anak. Apalagi jika tidak ada PR.

 

"Kadang Sabtu pagi bisa jalan sama anak, waktu lebih banyak kalau mau camping. Anak juga bisa ikut les renang kemarin," ungkapnya.


adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kepala Disdik Sleman Minta Guru Agar Tidak Berikan PR ke Siswa SD dan SMP

Trending Now

Iklan

iklan