Lampaui Capaian Sebelumnya, 29 Proposal PKM Uhamka Lolos dalam Pendanaan PKM 8 Bidang Kemendikbudristek

Jumat, 16 Juni 2023 | 15:35 WIB Last Updated 2023-06-16T08:35:24Z


KabarPendidikan.id
- Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (
Uhamka) berhasil meloloskan 29 Proposal Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (15/6). Prestasi melampaui capaian pada tahun sebelumnya.

 

Muhamad Dwi Fajri selaku Warek IV Uhamka mengungkapkan PKM dapat mendukung mahasiswa untuk berkolaborasi dalam implementasi lintas disiplin ilmu, memperluas perspektif mahasiswa, serta menemukan solusi dari permasalahan. Universitas turut berperan dalam mendukung kreativitas mahasiswa agar dapat merespon perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi.

 

“Mahasiswa merupakan sumber daya berharga dalam menciptakan inovasi. Dengan mendorong kreativitas mahasiswa, kita dapat menghasilkan ide-ide baru yang dapat merespon perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi. Program ini membantu melahirkan inovator masa depan yang dapat membawa perubahan positif di masyarakat. Selain itu, PKM juga mendorong mahasiswa untuk berkolaborasi mendorong pemahaman lintas disiplin, perspektif yang lebih luas, dan penyelesaian masalah yang inovatif. Kolaborasi ini menciptakan lingkungan yang memadukan keahlian dan sudut pandang yang berbeda, sehingga menghasilkan solusi yang lebih komprehensif dan berdampak”, ujarnya.

 

Di lain pihak, Eko Digdoyo selaku Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswa dan Karir Alumni (BP2K2A) mengungkapkan mahasiswa perlu untuk bergabung dalam kegiatan yang dapat meningkatkan aktualisasi diri, salah satunya adalah dengan mengikuti Program Kreatif Mahasiswa, gerakan ini merupakan inovasi pengembangan ide kreatif mahasiswa di berbagai bidang.

 

“Program kreativitas mahasiswa merupakan inisiatif yang mendorong mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif di berbagai bidang. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi minat, bakat, dan potensi mereka di luar kurikulum akademik. Program kreativitas memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi kreatif mereka di luar lingkungan akademik. Hal ini membantu mereka menggali minat, bakat, dan keahlian yang mungkin tidak terakomodasi dalam kurikulum reguler. Dipandang perlu bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan sebagai bentuk aktualisasi diri, harapannya kedepannya jumlah proposal yang didanai dapat lebih banyak,” pungkas Eko.

 

Eko pun berterima kasih kepada pihak yang telah mendukung program kreativitas mahasiswa untuk pengembangan dan kualitas mahasiswa.

 

“Program kreativitas mahasiswa memiliki urgensi yang penting dalam meningkatkan pengembangan pribadi, inovasi, daya saing, dan kualitas pendidikan mahasiswa. Program ini juga berkontribusi pada perubahan sosial yang positif dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata. Maka dipandang perlu untuk terus mendorong tingkat partisipasi dan kualitas proposal dimasa mendatang. Selain itu kita perlu terus melakukan pendampingan untuk memastikan proposal yang didanai lolos sampai dengan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang sudah terlibat pimpinan, dosen pembimbing dan mahasiswa yang sudah mendukung dalam proses ini,” lanjutnya.

 

Sebagai kampus yang telah terakreditasi Unggul dengan 9 Fakultas dan Sekolah Pascasarna mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3 Uhamka terus berkomitmen memastikan mahasiswanya dapat meraih prestasi di berbagai lini sesuai dengan bidangnya, untuk dapat mengetahui tentang Uhamka selengkapnya dapat melalui tautan berikut http://linktr.ee/uhamka

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lampaui Capaian Sebelumnya, 29 Proposal PKM Uhamka Lolos dalam Pendanaan PKM 8 Bidang Kemendikbudristek

Trending Now

Iklan

iklan