Menambah Keuntungan UMKM Dengan Digitalisasi

Kamis, 11 Mei 2023 | 09:04 WIB Last Updated 2023-05-11T02:04:00Z





Oleh : Alya Nuraini

Mahasiswa FEB UHAMKA


Salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Indonesia pada saat ini adalah UMKM. UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dibentuk oleh masyarakat Indonesia dengan bantuan dari Pemerintah Indonesia. Bentuk UMKM yaitu bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat secara individu, rumah tangga, atau badan usaha berukuran kecil.


Banyak keuntungan yang didapatkan pada keuangan negara dari UMKM. Tak hanya itu, UMKM juga membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia karena tersedianya lapangan pekerjaan. Saat ini UMKM mampu bersaing dengan brand besar yang ada di Indonesia. Sehingga pemerintah memiliki kepedulian untuk membantu perkembangan UMKM terutama dalam kegiatan digitalisasi.


Dengan adanya digitalisasi bagi UMKM maka akan membantu pelaku UMKM untuk bersaing. Pembayaran secara elektronik dan aplikasi pengelolaan laporan keuangan adalah contoh dari digitalisasi UMKM. Diharapkan para pelaku UMKM untuk memanfaatkan digitalisasi yang sudah tersedia agar mempermudah dalam menjalankan usaha. Sosialisasi juga diperlukan untuk pelaku UMKM di pasar tradisional agar mudah diterapkan. Para pelaku UMKM juga bisa masuk ke pasar ekspor untuk memasarkan produknya dengan memanfaatkan digitalisasi yang ada sehingga menambah pendapatan dan membantu untuk menaikkan perekonomian. Para pelaku UMKM dapat bersaing dengan brand besar lainnya dengan memanfaatkan digitalisasi. Oleh karena itu para pelaku UMKM diharapkan lebih mengandalkan digitalisasi dalam menjalankan bisnis usahanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menambah Keuntungan UMKM Dengan Digitalisasi

Trending Now

Iklan

iklan