Ketua Lemlitbang Uhamka Dorong Dosen untuk Tingkatkan Risetnya pada Acara Teras TVMu

Jumat, 07 April 2023 | 12:21 WIB Last Updated 2023-04-07T05:21:41Z


KabarPendidikan.id - Supandi selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Lemlitbang) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) sekaligus Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka menjadi narasumber dalam acara Teras TVMu di Channel TV Muhammadiyah. Dengan narasumber yang baru, Teras TVMu kini mengangkat tema “Pengembangan Karier Dosen melalui Penelitian”. Acara ini akan ditayangkan di YouTube TVMu Channel dan Website tvmu.tv, Jumat (7/4).


Pada segmen pertama, Supandi mengungkapkan bahwa Lemlitbang Uhamka telah berdiri sejak 2016. Lalu, pada tahun 2020 Lemlitbang Uhamka mendapatkan kriteria klaster utama diantara klaster perguruan tinggi yang dibuat oleh Kemendikbud Ristek. Ia harap Uhamka dapat terus berikhtiar untuk meningkatkan klaster ini.


“Lemlitbang Uhamka ini telah berdiri sejak tahun 2016 lalu. Pada tahun 2020 kita telah mendapatkan klaster utama dari klasterisasi yang dibuat oleh Kemendikbud Ristek, diantaranya mandiri, utama, madya, dan pratama. Memang kita masih harus bekerja keras untuk meningkatkan klaster kita di masa depan. Tentu hal itu dapat dicapai melalui sinergi kita bersama di Uhamka,” ujarnya.


Selanjutnya, Ia menuturkan bahwa Kompetensi yang terdapat pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi tumpuan bagi mahasiswa dalam mengembangkan inovasinya melalui riset dan penelitian mandiri.


“Dalam jenjang pendidikan tinggi, riset dan penelitian identik dengan tugas dan tupoksi dosen. Tapi dengan adanya MBKM, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya untuk berfikir kritis dan membangun karakter problem solving melalui riset dan penelitian. Jadi saat ini, mahasiswa dapat membangun penelitiannya secara mandiri atau bisa dibilang sebagai peneliti utama,” pungkasnya.


Supandi pun mengulas bahwa seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) memiliki Catur Dharma, diantaranya pendidikan dan pengajaran, penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), dan penguatan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIKA). Dosen memiliki peran yang penting di perguruan tinggi untuk mengimplementasikan Catur Dharma tersebut, salah satunya adalah melakukan pengembangan penelitian. Maka dari itu, dosen memiliki kewajiban untuk melakukan penelitian. Di laih hal sebagai tugas dan kewajiban itu, publikasi penelitian dosen menjadi faktor peningkatan jabatan fungsional dosen.


“Setiap PTMA pasti memiliki Catur Dharma sebagai dasar kerangka kebijakan yang dibuat dalam lingkungan perguruan tinggi, diantaranya pendidikan dan pengajaran, penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), dan penguatan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIKA). Dalam hal ini, dosen berperan penting untuk melakukan riset-riset sebagai kewajibannya. Di lingkungan perguruan tinggi, terdapat Pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) yang harus dipenuhi dosen, salah satunya dengan melakukan penelitian. Selain itu publikasi penelitian dosen dilakukan untuk meningkatkan jabatan fungsional dosen,” tuturnya. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Lemlitbang Uhamka Dorong Dosen untuk Tingkatkan Risetnya pada Acara Teras TVMu

Trending Now

Iklan

iklan