Ingin Rasakan Pertukaran Pelajar Ke Amerika Serikat? Segera Daftar YSEALI Academic Fellowship 2023!

Jumat, 07 April 2023 | 09:49 WIB Last Updated 2023-04-08T05:49:08Z

KabarPendidikan.id  - Program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship untuk periode Musim Gugur 2023 telah dibuka. Pendaftaran ini dibuka hingga 17 April 2023.

 

YSEALI Academic Fellowship merupakan program yang disponsori oleh Pemerintah Amerika Serikat. Program ini berupa beasiswa pertukaran pelajar selama lima minggu yang terbuka bagi masyarakat yang berusia 18-25 tahun yang sudah atau akan mendaftar menjadi anggota YSEALI.

 

Juru bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat, Michael D. Quinlan menjelaskan bahwa YSEALI Academic Fellowship adalah program khusus dari pemerintah AS yang membawa para pemimpin muda dari negara-negara Asia Tenggara ke Amerika Serikat untuk lebih mengembangkan keterampilan profesional dan kepemimpinan.

 

Nantinya, program ini akan terdiri dari rangkaian diskusi seminar, kegiatan membaca, presentasi kelompok, dan perkuliahan. Pembelajaran dan kegiatan kelas juga dilengkapi dengan widyawisata, kunjungan lapangan, kegiatan kepemimpinan, dan peluang kegiatan sukarela dalam komunitas lokal.

 

“Beasiswa tersebut mencakup visa, tiket pesawat, biaya hidup, biaya kuliah, asuransi, dan biaya lain yang terkait dengan kegiatan akademik selama program berlangsung,” ujar Michael dalam keterangan tertulis yang dilansir dari laman Kedutaan Besar AS (30/3/2023).

 

Selama masa residensi akademik, peserta juga akan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan pendidikan dan budaya di luar kelas. Peserta juga akan dilengkapi dengan widyawisata ke daerah lain di Amerika Serikat untuk melakukan kunjungan ke organisasi di tingkat lokal, negara bagian, pihak swasta, dan organisasi nirlaba yang bekerja di lapangan.

 

Peserta Tuli pertama YSEALI 2022, Nissi Taruli Felicia Naibaho membagikan ceritanya selama mengikuti kegiatan YSEALI dengan tema Civic Engagement di University of Nebraska,Omaha pada Agustus 2022 lalu.

 

Menurutnya, YSEALI memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan kesempatan untuk menjadi pemimpin perempuan Tuli yang lebih visioner.

 

"Setelah menyelesaikan program, YSEALI memberi saya jaringan yang lebih luas dan lebih besar. Saya dapat berkolaborasi dengan lebih banyak komunitas dan organisasi untuk menjadikan Indonesia lebih inklusif," ujar Nissi.

 

Seperti tahun sebelumnya, YSEALI 2023 membuka tiga tema program, yaitu Civic Engagement, Environment Issues and Natural Resources Management, dan Social Entrepreneurship and Economic Development.

 

Berikut ini syarat pendaftaran YSEALI 2023:

 

1. Berusia 18-25 tahun yang sudah atau akan mendaftar menjadi anggota YSEALI

2. Mahasiswa atau sudah lulus dari universitas kurang dari lima tahun

3. Warga negara dari salah satu negara ASEAN (Brunei Darussalam, Burma, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam)

4. Bukan warga negara AS atau penduduk tetap AS

5. Mahir berbahasa Inggris. Mampu membaca, menulis, dan berbicara bahasa Inggris di lingkungan kelas universitas AS (tidak diperlukan TOEFL, IELTS atau skor tes lainnya. Kemampuan bahasa Inggris dievaluasi melalui formulir aplikasi dan wawancara dengan staf program YSEALI)

6. Memenuhi syarat untuk menerima visa J-1

7. Komunitas yang kurang terlayani, termasuk kelompok masyarakat minoritas dan penyandang disabilitas juga didorong untuk mendaftar

 

Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran YSEALI Academic Fellowship 2023 dapat ditemukan di https://id.usembassy.gov/education-culture/yseali/yseali-academic-fellows/

 

(Alifia Angel/dyl)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ingin Rasakan Pertukaran Pelajar Ke Amerika Serikat? Segera Daftar YSEALI Academic Fellowship 2023!

Trending Now

Iklan

iklan