Dosen FTII Uhamka Laksanakan Pelatihan Merakit Mobile Robot Sebagai Dasar Pengembangan Di Dunia Industri Robot

Minggu, 19 Maret 2023 | 12:50 WIB Last Updated 2023-03-19T05:50:44Z

Kabarpendidikan.id Tim Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yang diketuai oleh Harry Ramza selaku dosen Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Uhamka bersama dosen FTII lainnya yaitu Rosalina, Emilia Roza, Delvis Agusman, dan Erian Rizal bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HIMA TE) Periode 2022.

 

Kegiatan ini berupa pelatihan merakit mobile robot sebagai pengembangan di dunia industri sekaligus adanya kegiatan pekan raya elektro 2022 (PRE 2022) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammmadiyah 02 Tangerang Selatan pada penghujung tahun di bulan Desember 2022 lalu.

 

Dalam kegiatan ini bertujuan untuk diorientasikan untuk melatih dan memperkenalkan kepada siswa-siswi peminatan Otomasi tentang teknologi robotic sebagai dasar merancang robot beroda (Mobile Robot).

 

Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Otomasi Industri  adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dalam program keahlian teknik otomasi industry.


Unit produksi yang tidak dapat / kurang efektif dikerjakan oleh manusia sedikit banyak mulai digantikan dengan penggunaan mesin control otomatis (Robot) yang tentu saja memberikan banyak kelebihan seperti daya lelah yang hampir dipastikan tidak ada, dan juga ketepatan waktu produksi.


Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 02 Serpong ini memiliki jurusan Otomasi dan Komputer, pada program ini dipelajari perakitan mobil dan sistem perancangan industry. Sedang di jurusan komputer di sini lebih kearah aplikasi komputer jaringan.


Untuk standart labaratorium terutama laboratorium otomasi belum tergolong standart sehingga pasokan ilmu praktikum pengembangan mesin di industry kurang berkembang disamping tenaga edukasi kurang mengarahkan pengetahuan ke arah industry maju yaitu tahapan robotika.


Robot dan teknologi robotika melambangkan sebuah pemanfaatan praktis ilmu fisika, ilmu komputer, ilmu rekayasa dan matematika. Ilmu robotika memberikan pendekatan yang sangat kuat dan fleksibel untuk membuktikan berbagai konsep teknik. Target sasaran adalah siswa-siswi mampu mengenal dan merakit robot dengan baik.


Harry Ramza selaku ketua kegiatan ini mengungkapkan bahwa “tim pengmas ini yang terdiri dari dosen FTII dan di bantu HIMA TE periode 2022 memberikan edukasi berupa pelatihan dan motivasi kepada peserta akan pentingnya robot serta teknik merakit robot itu sendiri. Kegiatan ini pula diadakan lomba kecepatan merakit robot, bagi kelompok yang lebih dahulu menyelesaikan perakitan robot dalam waktu yang relatif cepat maka akan diberikan hadiah bingkisan robot dan mendali sebagai penghargaan kesuksesan merakit robot. Lomba merakit robot ini dimenangkan oleh tim nomor 3 yang menyelesaikan perakitan robot dalam waktu 9 menit 35 detik,” tuturnya.

 

Dalam kesempatan ini juga diadakan penandatanganan MoU antara pihak Sekolah dan prodi Teknik Elektro (TE) FTII Uhamka guna menjalin silaturrahim antara kedua instansi Muhammadiyah. Sehingga ke depan diharapkan akan dilahirkan generasi bangsa dari sekolah Muhammadiyah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 02 Serpong yang berororientasi technologi digital robotic.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FTII Uhamka Laksanakan Pelatihan Merakit Mobile Robot Sebagai Dasar Pengembangan Di Dunia Industri Robot

Trending Now

Iklan

iklan