Kemendikbudristek Hibahkan Pendanaan untuk Tim PKM Uhamka

Jumat, 16 September 2022 | 13:15 WIB Last Updated 2022-09-22T07:50:39Z


KabarPendidikan.id
- Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) – Pengabdian Masyarakat (PM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yang diketuai oleh Aan Siti Nurjanah dan beranggotakan Alfia Nur Aziza, Devi Afiyanti, Luluil Maknun dan Naufal Ar Rafizi dengan didamping dosen pendamping Muhammad Arifin Rahmanto berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendibud Ristek RI) dengan judul PKM yaitu “World Of Makharijul Huruf (WOMH) Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Al-Quran Di Noble Education School”.

 

Kegiatan ini dilaksankan dari bulan Juni sampai September 2022 yang berlokasi di sekolah Inklusi Nobel Education School Ruko Green Hills No. A3, Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414 dan lokasi 2: Jl. W R Supratman Blok Jambu No.95, RT.5/RW.6, Cempaka Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15414.

 

Aan Siti Nurjanah selaku ketua tim dan anggota tim menyampaikan bahwa media pembelajaran yang digunakan untuk anak berkebutuhan khusus ini merupakan hal yang penting karena anak berkebutuhan khusus ini relatif memiliki hambatan dalam perkembangnya. penggunaan media belajar yang melibatkan keaktifan siswa akan lebih mempermudah proses belajar mengajar karena mampu membantu daya ingat siswa terhadap materi yang dipelajarinya.

 

“Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan bahwa kami menemukan kurangnya pemahaman peserta didik dalam Makhorijul Huruf dikarenakan belum adanya media atau alat peraga yang mendukung kegiatan pembelajaran tersebut. Materi makhorijul huruf ini sangat penting karena merupakan gerbang awal peserta didik ketika akan membaca kitab suci Al-Qur`an” ujar Aan Siti Nurjanah.


Oleh karena itu penerapan alat peraga makhorijul huruf ini sangat bermanfaat sekali bagi anak berkebutuhan khusus. Hal ini senada dengan yang diucapkan oleh Ecih Sukaesih selaku Kepala Sekolah Nobel Education School “Alhamdulillah saya mengucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman dari uhamka yang telah melaksanakan sosialiasi alat peraga world of makhorijul huruf ini. Globe ini tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak inklusi di noble school tapi bermanfaat bagi semua sekolah inklusi lainya” tutur Ecih sukaesih


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbudristek Hibahkan Pendanaan untuk Tim PKM Uhamka

Trending Now

Iklan

iklan