Pentingnya Profil Pelajar Pancasila Untuk Masa Depan

Kamis, 14 April 2022 | 14:17 WIB Last Updated 2022-04-14T07:17:42Z



Kabarpendidikan.id - Melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) dengan program merdeka belajar yang mewujudkan profil pelajar Pancasila sebagai pendidikan karakter tentu harus didukung oleh semua lini yang ada Revitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagaimana digaungkan pemerintah. Lembaga pendidikan adalah lini sentral yang bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan program tersebut.


Sutrisna Wibawa selaku teknokrat yang pernah menjabar sebagai Sekretaris Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan itu menyampaikan bahwa pelaksanaan pendidikan Pancasila dapat dilakukan dengan dua hal. Pertama, mata pelajaran lain dapat terintegrasikan dengan pembelajaran nilai-nilai Pancasila. Kedua, pendidikan Pancasila wahana belajar siswa untuk merasakan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak hanya bersifat kognitif yang mengacu pada pengetahuan teoretis ke-Pancasila-an.


“Realitas masyarakat yang majemuk dan multikultur ke depannya seakan-akan bagai bom waktu jika disorientasi terhadap dasar fundamental kehidupan sebagai masyarakat negara Pancasila. Oleh karena itu, seperti pernyataan Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan Pancasila bagi siswa harus diupayakan sebagai usaha kebudayaan. Upaya kebudayaan ini membawa arah pendidikan kepada tumbuhnya adab kemanusiaan siswa,” ungkap Sutrisna Wibawa.


Tak kalah penting, Pendidikan Pancasila merupakan jalan yang membawa manusia Indonesia untuk peka dan tercerahkan terhadap kondisi dan problematik yang terjadi dengan dasar Pancasila. Visi Pendidikan Pancasila yaitu mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mampu menanamkan nilai religius sehingga menjadi generasi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Nilai tersebut akan membentengi siswa dari gempuran radikalisme, ateisme, komunisme, dan bahkan liberalisme yang sudah mulai berpenetrasi dalam kehidupan masyarakat.


Bangsa Indonesia mampu memegang teguh Pancasila sebagai ideologi yang menjadi identitas sebagai ligatur bangsa melalui terwujudnya profil pelajar Pancasila. Dengan begitu, semboyan Bhinneka Tunggal Ika sekaligus simbol peradaban diperhitungkan di kancah dunia dengan muatan nilai-nilai Pancasila.


(DYL)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Profil Pelajar Pancasila Untuk Masa Depan

Trending Now

Iklan

iklan