Langkah Cerdas Kerjakan Tugas saat Pandemi

Jumat, 15 April 2022 | 11:21 WIB Last Updated 2022-05-09T04:22:12Z

 

Oleh : Inggrid Ayuparaswati

Mahasiswa Uhamka


Pandemi memiliki dampak yang cukup mengubah pergerakan dari manusia. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk memutuskan mata rantai dari virus tersebut. Salah satunya diberlakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau belajar secara online di rumah. Awal mula diberlakukannya kebijakan tersebut, semua pihak merasa kesulitan. Bahkan beberapa pelajar yang biasanya aktif dalam pembelajaran, berubah menjadi pasif.

Diberlakukannya pembelajaran secara online menyebabkan guru harus memberikan banyak tugas kepada peserta didik untuk menunjang penilaian. Jika tidak begitu, maka peserta didik akan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Hal tersebut tentu membuat peserta didik kesulitan dalam membagi waktu dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Terkadang siswa juga harus meluangkan waktu liburnya untuk mengerjakan tugas. Berikut beberapa cara agar tetap produktif dalam mengerjakan tugas di masa pandemi.

Pertama, buat perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan yang dimaksud adalah membuat list tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Pilihlah dari tugas yang akan dikumpulkan terlebih dahulu hingga pada tugas yang masih jauh rentan waktunya. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengatur semua tugas dan tidak akan terlewatkan satupun. Dengan kita membuat perencanaan tersebut, pengerjaan tugas akan lebih tertata rapih dan dapat mengerjakannya satu persatu dengan maksimal. Kedua, kenali waktu produktif kita. Hal ini sangat dibutuhkan agar tidak terjadi pembuangan waktu karena memaksakan diri untuk bekerja, padahal di waktu tersebut kita tidak dapat fokus. Dengan mengenali waktu produktif kita, maka tugas yang akan dikerjakan pada waktu yang telah ditentukan dapat diselesaikan pada waktu itu saja. Pada waktu produktif itulah kita dapat fokus pada tugas dan upayakan untuk selalu memanfaatkan waktu tersebut dengan mengerjakan tugas. Ketiga, buatlah target dalam pengerjaannya. Misalnya dalam satu hari, kita harus mengerjakan minimal berapa tugas. Usahakan untuk tidak menunda mengerjakan tugas yang sudah direncanakan agar tidak harus menyusun ulang jadwalnya.

Keempat, jauhkan gadget atau benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian atau fokus kita. Karena waktu produktif yang telah ditentukan memiliki batas, kita harus memanfaatkan waktu tersebut untuk mencapai target yang telah dibuat. Memusatkan fokus kita pada satu pekerjaan akan membantu kita dalam menyeselaikan tugas. Karena fokus manusia mudah teralihkan, maka menjauhkannya dari hal-hal yang dapat merubah fokusnya adalah sebuah keharusan, terutama gadget. Gadget memiliki daya tarik yang dapat menyebabkan kelalaian pada diri kita. Jika harus mencari informasi atau materi melalui internet, upayakan untuk tidak menggunakan gadget. Akan tetapi jika mendesak, gunakan sesuai keperluan saja, tidak membuka sosial media. Kelima, memberikan hadiah (reward) pada diri sendiri. Tidak harus memberikan hadiah yang mahal, tetapi cukuplah memberikan reward dengan hal-hal disukai, misalnya setelah mengerjakan tugas di hari itu, pada malam harinya kita dapat streaming satu episode drama korea atau satu film yang ingin ditonton. Cara terakhir, maksimalkan waktu istirahat setelah berhasil mengerjakan satu target. Dengan istirahat yang cukup, esok harinya kita dapat kembali mengerjakan target dengan fokus dan tanpa kelelahan.

Untuk membuat diri kita teratur dalam target memang tidak mudah. Tetapi dengan mencobanya selama satu hari, maka kita akan merasakan bahwa sebanyak apapun tugas yang diberikan guru tidak akan menyita waktu yang berlebihan, asal kita konsisten dengan target yang telah kita buat sejak awal.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Langkah Cerdas Kerjakan Tugas saat Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan