Olahraga Lari

Jumat, 15 April 2022 | 11:23 WIB Last Updated 2022-05-09T04:24:05Z



Oleh : Muhamad Guntur

Mahasiswa Uhamka


Selama 2 tahun belakangan, olahraga lari menjadi tren di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Hal ini sejalan dengan mulai jenuhnya masyarakat di dalam rumah di akibatkan pandemi covid-19, berolahraga di luar ruang ternyata mampu menggerakan semangat masyarakat untuk rutin melakukan olahraga

Olahraga lari memiliki banyak keunggulan. Selain tidak mengeluarkan biaya, mudah melakukannya, dapat dilakukan dimana saja, juga mampu masuk ke dalam komunitas masyarakat, dan hal ini juga di topang dengan kemajuan media sosial sehingga kepopuleran olahraga lari dikenal masyarakat. Jalinan relasi pun dapat ditemukan pada komunitas

Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan berlari dengan cara yang baik dan benar maka kemajuan perekonomian yang berhubungan dengan olahraga lari ini pun menjadi tak terbendung dan kondisi ini terlihat dengan jelas meningkatnya permintaan masyarakat pelari akan perlengkapan lari yang dimulai dari pakaian olahraga khusus pelari, kaos kaki, sepatu, minuman, suplemen olahraga, hingga peralatan gadget terkini untuk merekam aktifitas lari.

Olahraga lari merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan metabolisme. Hal ini juga didasari oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang sudah terbiasa dan rutin melakukan olahraga lari mempunyai tingkat metabolisme yang lebih baik. Tidak hanya itu, olahraga lari memberikan beberapa manfaat lainnya bagi tubuh, antara lain:

1. Membuat tubuh segar sepanjang hari

Dengan olahraga, paru-paru tubuh akan terisi dengan udara segar sehingga memberikan kehidupan yang sehat bagi sel-sel darah di dalam tubuh, serta juga menciptakan koordinasi yang baik antara jiwa dan pikiran. Suasana hati akan menjadi lebih baik jika pikiran kita segar sehingga secara tidak langsung akan berkontribusi pada perbaikan kondisi kesehatan. Dan juga, gerakan tubuh dengan melibatkan semua otot dapat memperlancar sirkulasi darah.

2. Mengurangi Stres

Olahraga lari bermanfaat dalam mengurangi stres jangka panjang dan membuat pikiran anda menjadi lebih rileks dan santai.

3. Memperbesar otot

Olahraga lari juga berperan dalam memperbesar otot dan meningkatkan komposisi tubuh.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Olahraga Lari

Trending Now

Iklan

iklan