Pengaruh Media Pada Pembentukan Opini Masyarakat

Rabu, 09 Maret 2022 | 10:09 WIB Last Updated 2022-03-09T03:09:00Z

 


Oleh : Rizki Ramadhan

Mahasiswa FEB Uhamka


     Jumlah media yang beredar di Indonesia saat ini sangatlah banyak. Koran, majalah, radio, dan televisi merupakan media yang paling banyak dan paling mudah untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, mengapa masyarakat Indonesia saat ini menjadi begitu kritis ? jawabanya adalah karena masyarakat Indonesia selalu haus akan berita. Bila dulu hanya kaum terpelajar serta orang kantoran yang membaca koran serta melihat berita di televisi, maka saat ini kita bisa dengan mudah menemukan tukang becak yang asik membaca koran sambil menunggu penumpangnya. Jadi tidak heran bila pengaruh media pada pembentukan opini masyarakat sangatlah besar.


     Bagi kita pengguna Blackberry, tidak jarang kita menerima BM (Broadcast Message) yang berisi tentang provokasi atas masalah yang sedang hangat terjadi. Secara tidak langsung BM tersebut akan mempengaruhi orang yang membacanya bila tidak disertai dengan penularan serta logika dan akal sehat. Ingat kasus koin untuk pria ? dimana masyarakat dengan sukarela mengumpulkan uang receh untuk membantu pria yang sedang tersandung masalah pencemaran nama baik sebuah rumah sakit mengapa masyarakat mau melakukan itu ? karena kekuatan medialah semua itu bisa terjadi.

     Masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah sampai dengan menengah akan sangat mudah dibentuk opininya melalui media. Daya nalar dan logika yang terbataslah yang membuat pembentukan opini publik ini bisa berjalan dengan sukses. Bila dahulu pemerintah membatasi media dalam memberitakan hal – hal yang dianggap mengganggu stabilitas dan keamanan negara. Bahkan ada media yang sempat di bandrel oleh pemerintah karena dianggap terlalu vokal. Maka saat ini dimana pers diberi kebebasan untuk menyampaikan berbagai macam berita yang semula termasuk berita yang dilarang, maka pers memiliki peran yang tidak kecil juga dalam pembentukan opini masyarakat. 


     Masyarakat di pendesaan juga sudah tidak kalah dalam hal update berita. Walaupun jauh dari kota mereka tetap bisa mengetahui apa yang sedang marak terjadi. Koran Masuk Desa (KMD) merupakan salah satu program yang berakibat pada semakin cepatnya penyebaran berita ke masyarakat desa. Yang mengkhawatirkan pemberitaan “Lebay” dari statiun TV ataupun koran serta majalah yang memblow up sebuah berita yang sebenarnya biasa saja menjadi terlihat sangat luar biasa. Tanpa adanya filter serta pemahaman yang baik dari masyarakat atas pemberitaan media akan membuat berbagai opini masyarakat dapat terbentuk dengan mudah sehingga bisa membahayakan ketentraman hidup masyarakat serta membahayakan kestabilan keamanan nasional.


     Contoh opini publik. Contoh opini, makalah peran radio kepada masyarakat. Pengaruh pendapat atau opini dalam pembentukan hukum. Pengaruh media terhadap masyarakat. Efek pemberitaan televisi, surat kabar bagi masyarakat. 


     Dampak media terhadap masyarakat. Di koran dalam opini, pandangan masyarakat tentang media. Skripsi kasus prita. Pandangan masyarakat terhadap media. Kasus media dan masyarakat. Masyarakat pengguna blackberry di Indonesia pandangan.


     Opini masyarakat. Makalah kasus opini publik. Dampak media terhadap pemerintah. Contoh tanggapan terhadap suatu kasus. Pembentukan opini makalah contoh kasus dalam media koran. Skripsi mengenai opini publik.


   Akibat tv masuk desa. Pengaruh broadcasting bagi masyarakat. Tanggapan masyarakat terhadap sebuah berita. Pendapat orang – orang tentang pendidikan dan televisi. Makalah tentang pandangan masyarakat terhadap pendidikan. Contoh makalah opini publik yaitu radio tv dan koran.

     


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengaruh Media Pada Pembentukan Opini Masyarakat

Trending Now

Iklan

iklan