Uhamka Raih Peringkat Teratas ke-5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Peringkat 66 Peguruan Tinggi Indonesia Versi Webometrics 2022

Selasa, 01 Februari 2022 | 16:33 WIB Last Updated 2022-02-01T09:38:26Z


Kabarpendidikan.id
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) kembali membuktikan keseriusannya dalam meningkatkan mutu dan kualitas akademiknya diantaranya dengan menempati peringkat ke-66 Webometrics Ranking of World Universities 2022 kategori Perguruan Tinggi di se-Indonesia, peringkat ke-5 dalam kategori Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, dan peringkat ke-1 berdasarkan Webometrics Impact Ranking 2022 kategori Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

 

Ketiga peringkat tersebut dirilis langsung oleh Webometrics Ranking of World Universities 2022, pada akhir Januari 2022.

 

Webometrics Ranking of Universities sendiri merupakan pemeringkat yang dinobatkan oleh Cybermetrics Lab, sekelompok peneliti dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) yang merupakan badan penelitian terbesar di Spanyol dan menilai seluruh Perguruan Tinggi se-Dunia setiap 2 kali dalam setahun.

 

Pemeringkatan ini dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada kombinasi indikator yang memperhitungkan volume dan konten web, visibilitas, dan dampak publikasi pemberitaan sesuai dengan jumlah tautan eksternal yang diterima.

 

Dengan adanya pemeringkatan ini, Uhamka dapat membuktikan bahwa kampus ini dapat bersaing dikancah Internasional maupun Nasional dan terbukti akan pemeringkatan yang dicapai dengan anggka gemilang dari hasil capaian-capainnya sebagai kampus terbaik dari kampus lainnya se-Indonesia.

 

Hal ini pun merupakan sebuah kesempatan besar bagi Uhamka untuk selalu berupaya meningkatkan kredibilitasnya sebagai universitas yang memiliki visi misi di masa yang akan datang, diantarnya menjadi Prophetic Teaching University tahun 2024.

 

Prof Dr Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan rasa bahagianya akan capaian Uhamka yang ia pimpin saat ini atas peningkatan yang luar biasa pada penilaian webometrics.

 

“Alhamdulillah, rasa syukur kami segenap Civitas Uhamka kepada Allah SWT atas capaian yang begitu besar  dalam penilaian webometrics sebagai Perguruan Tinggi terbaik ke-5 untuk tingkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah, ke-66 Perguruan Tinggi se-Indonesia, dan peringkat ke-1 berdasarkan Webometrics Impact Ranking 2022 kategori Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia. Hal ini merupakan kebanggaan yang tidak terkira, pasalnya kami (Uhamka) di bulan Januari 2021 berada di peringkat ke-227,” tutur Gunawan.

 

Ditambahkan oleh rektor Uhamka,  perankingan webometrics menjadi acuan universitas dunia dalam mengembangkan akademik dan non akademik,  maka Uhamka menjadikan pemeringkatan ini sebagai Salah satu acuan mengembangkan universitas.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Raih Peringkat Teratas ke-5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Peringkat 66 Peguruan Tinggi Indonesia Versi Webometrics 2022

Trending Now

Iklan

iklan