Belanja Online

Rabu, 16 Februari 2022 | 10:56 WIB Last Updated 2022-02-16T03:56:00Z

 



Muhammad Rasya Hammami 

Mahasiswa PBSI Uhamka

Online shop merupakan kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media internet. Efek dari meningkatnya pengguna internet adalah masyarakat mulai ramai berbelanja secara online. Salah satu alasan masyarakat adalah proses keputusan belanja online tidak serumit keputusan pembelian offline. Belanja online lebih memudahkan serta dapat menghemat waktu dan biaya.

Melalui online shop, pembeli tidak perlu untuk mendatangi toko hanya untuk mendapat barang yang diinginkan. Pembeli dapat melihat barang yang diinginkan melalui smartphone. Penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka untuk melakukan transaksi. Pembeli hanya tinggal memilih barang yang diinginkan, kemudian memesan barang tersebut dan pembayaran dapat dilakukan secara transfer melalui bank atau dapat membayar dengan sistem Cash On Delivery (COD). Setelah itu, barang dikirimkan ke alamat pembeli.

Media pemasaran lewat internet yang efektif dan tanpa biaya promosi,membuat online shop menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat untuk berbelanja. Namun, terdapat dampak yang signifikan dari online shop tersebut. harga produk yang ditawarkan biasanya lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan toko offline sehingga toko offline menjadi sepi pembeli.

Dampak positif dari online shop, yaitu dapat menghemat tenaga dan waktu sehingga tidak perlu berjalan dari toko ke toko untuk mendapatkan barang yang diinginkan, dapat membandingkan harga online shop satu dengan online shop yang lain, harga barang lebih murah, belanja menjadi lebih praktis, bisa mendapat barang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dampak negatif dari belanja online, yaitu kualitas barang tidak sesuai dengan gambar, warna barang yang diterima tidak sesuai dengan warna barang yang diterima, barang yang diterima rusak atau cacat ketika dalam pengiriman, sering terjadi penipuan ketika uang telah ditransfer kepada penjual tetapi barang tidak diterima oleh pembeli.

Namun sekarang juga banyak nline shop telah membuat sistem keamanan yang cukup baik dalam proses transaksi. Namun, masih tetap ada berbagai penipuan dan penyimpangan. Untuk menyikapi hal-hal yang tidak kita inginkan, jadilah pembeli yang cerdas. Teliti kembali sebelum membeli, carilah informasi terlebih dahulu tentang online shop tersebut dan pilih cara paling aman dalam bertransaksi.

Jadikita sebagai pembeli harus selektif terhadap situs belanja online dan harus melihat apakah toko tersebut sudah terjamin atau belum. Jika kita sebagai penjual kita juga harus memberi kepercayaan terhadap calon pembeli dan jangan perna untuk menipu pembeli di took yang kita buat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belanja Online

Trending Now

Iklan

iklan