Tim Pengabdian Uhamka Ajak Siswa SDN Gekbrong 3 untuk Mengenal Pendidikan Konservasi Sejak Dini

Jumat, 17 Desember 2021 | 09:20 WIB Last Updated 2021-12-17T02:20:14Z


Kabarapendidikan.id
 Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau Uhamka sebagai Perguruan Tinggi terakreditasi A yang berpusat di Jakarta turut melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Lelly Qodariyah selaku Dosen dan Wakil Rektor III.

  

Dalam kegiatan ini, tim PKM melakukan kegiatan pelatihan pendidikan Konservasi sejak dini bagi siswa-siswa SDN Gekbrong 3 sebagai proses edukasi dan pembelajaran yang sangat diperlukan sejak dini untuk membentuk pemahaman pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Banyaknya kerusakan lingkungan merupakan dampak dari ketidakpedulian generasi muda terhadap pelestarian alam.

 

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 yang bertempat di aula SDN Gekbrong 3 Kp. Loji, Kec. Gekbrong Kabupaten Cianjur Prov. Jawa Barat. Tim pengabdian masyarakat terdiri dari dosen dan mahasiswa yang berkolaborasi merancang suatu kegiatan pelatihan yang menarik dan bermanfaat bagi siswa. Kegiatan ini diikuti oleh 26 orang siswa kelas 6 (enam).

 

Dr Lelly Qodariah selaku ketua tim pelatihan dan juga Wakil Rektor III Uhamka menyampaikan bahwa pelatihan Konservasi Lingkungan ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pendampingan kegiatan eduekowisata melalui potensi alam curug Go’ong dan kawasan konservasi di Desa Penyangga Taman Nasonal Gunung Gede Pangrango Jawa Barat.

 

“Pelestarian hutan yang berbatasan langsung dengan Desa Gekbrong sangat penting dilakukan agar hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya tetap lestari. Jika hutan dibabat maka hewan-hewan akan turun ke bawah dan merusak kebun warga” ujar Lelly.

 

Dalam kegiatan ini, siswa-siswa diajak untuk mengenal beberapa hewan endemic di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan dilanjutkan dengan membuat kolase hewan dan tumbuhan menggunakan berbagai macam biji-bijian.

 

Siswa terlihat antusias dan tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini diharapkan siswa dapat menerapkan atau mengaplikasikan konsep tentang konservasi dan mampu melestarikan lingkungan hutan di desa Gekbrong.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pengabdian Uhamka Ajak Siswa SDN Gekbrong 3 untuk Mengenal Pendidikan Konservasi Sejak Dini

Trending Now

Iklan

iklan