Sisi Faedah Pandemi Covid-19

Senin, 04 Oktober 2021 | 11:02 WIB Last Updated 2021-10-04T04:02:00Z

 



Karya Asha Maharani Nupus 

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Sudah lebih dari satu tahun pandemi covid-19 berlangsung di Indonesia. Sesuai dengan peraturan pemerintah setiap orang wajib melakukan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Hal ini dilakukan untuk memutus rantai pandemi covid-19 (Corona Virus Disease) yang sangat mematikan. Pandemi covid-19 tidak hanya dirasakan di Indonesia saja, tetapi diseluruh dunia. Berbagai upaya telah dilakukan agar masa pendemi segera berakhir karena pandemi menghancurkan seluruh sektor kehidupan, salah satunya sektor Pendidikan.

Mungkin pada awalnya ada pandemi ini, para pelajar dan mahasiswa merasa ini adalah kesempatan emas untuk libur dari hal belajar mengajar. Tetapi siapa sangka, persepsi libur dari belajar mengajar itu hanya sekedar libur untuk perjalanan ke tempat belajar, bukan benar-benar libur untuk belajar. Ini dikarenakan dunia Pendidikan harus terus mendapatkan perhatian khusus agar tidak terdampak buruk. Pendemi covid-19 telah mengubah dunia pendidikan mulai dari proses pembelajaran, dimana biasanya dilakukan di dalam kelas dengan tatap muka, namun sejak pandemi berlangsung berubah menjadi belajar daring (dalam jaringan). Guru, siswa dan orang tua dituntut untuk bisa menghadirkan proses pembelajaran yang efektif dan aktif walaupun dilaksanakan dari rumah masing-masing.

Tetapi itu mungkin akan efektif disaat awal-awal terjadinya belajar daring ini. Namun, berjalannya waktu selama setahun lebih ini akan sangat tidak efektif lagi bagi para pelajar dan mahasiswa. Mereka merasa tidak ada yang bisa mereka lakukan selain hanya dengan duduk di depan monitor dari pagi hingga sore, dan terus berulang seperti itu. Ini memang sangat membosankan. 

Namun, kamu harus tahu bahwa sebenarnya pandemi Covid-19 ini bisa diambil keuntungannya. Jika kamu punya waktu luang (tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan lagi selain belajar daring) kamu bisa mencari kesibukanmu yang menghasilkan sesuatu. Contohnya, jika kamu pintar dalam hal edit mengedit, bukalah jasa edit video/foto. Ini sangat membantu disituasi masa online seperti saat ini. Lakukanlah di sela-sela kamu mempunyai waktu luang. Jadi kamu tidak akan lagi merasa sia-sia dengan adanya pandemi Covid-19 ini dan akan tetap semangat menjalankan kehidupan yang baru ini. Sesungguhnya manusia akan merasa lebih semangat untuk menjalankan kehidupan ini karena memiliki tujuan yang ingin dicapainya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sisi Faedah Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan