Pelatihan Pendidikan Kecapakan Kerja (PKK) Pemkab Banyuwangi Bantu Kembangkan Keterampilan Kerja Masyarakat

Senin, 04 Oktober 2021 | 09:02 WIB Last Updated 2021-10-04T16:22:00Z

 



Kabarpendidikan.id 
Dalam rangka mengembangkan keterampilan kerja agar sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia usaha, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan pelatihan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) kepada masyarakat dengan berbagai lapisan.

 

Setidaknya ada lima bidang kegiatan berbeda yang menjadi focus pelatihan, yaitu pelatihan batik, pelatihan digital marketing, kewirausahaan, beauty class dan upgrading self performance.

 

Hal ini dikatakan Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno saat membuka PKK Beauty Class pada Kamis (30/9). Menurut Suratno, program PKK ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kerja agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri dan dunia usaha.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah meluncurkan program pendidikan kecakapan kerja ini dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan kerja sesuai dengan kebutuhan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA).

 

“Tentunya program ini, diberikan kepada peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu  dibuktikan dengan sertifikat kompetensi untuk bekerja dan terserap oleh dunia usaha. PKK ini adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha. Sekaligus untuk mendukung kebijakan dan pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP),” tutur Suratno.


Kabid Pendidikan Masyarakat Nuriyatus Sholeha turut menjelaskan, peserta dalam kegiatan program PKK ini adalah LKP, PKBM dan relawan Banyuwangi mengajar. Setelah mendapatkan pelatihan ini para peserta harus menularkan ilmunya ke warga belajarnya. Tujuannya untuk menambah skill  dan keterampilan bagi warga belajar. “Warga belajar perlu di upgrade ilmu keterampilannya, oleh sebab itu usai pelatihan PKK ini mereka akan mengajarkan ilmunya ke warga belajar. Dengan begitu semuanya akan bisa hidup secara mandiri secara ekonomi,” ujar Nuriyatus.

 

Nuriyatus juga turut memberikan contoh terkait pentingnya upgrade ilmu keterampilan. Misalnya pada pelatihan Digital Marketing yang digelar pada Sabtu (25//9) di Kokoon Hotel. Karena pergeseran perilaku konsumen ini, digital marketing menjadi bagian penting dari strategi keseluruhan perusahaan untuk sukses. Dalam pelatihan ini, materi  disampaikan adalah memahami konsep mindset digital marketing secara menyeluruh dan formulasi strategi menentukan digital marketing channel  paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan spesifik usaha peserta.

 

Salah satu manfaat utama melakukan digital marketing adalah kemudahan hasil yang bisa dilacak dan diukur kinerjanya. Kita dapat dengan cepat melihat tingkat respons pelanggan dan mengukur keberhasilan kampanye pemasaran anda secara real-time, memungkinkan anda kita merencanakan lebih efektif untuk strategi berikutnya.

 

“Mungkin kita sudah berhasil dalam bisnis tetapi anda tahu bahwa ada banyak ruang untuk pertumbuhan. Mengikuti pelatihan bukan hanya tentang memperbaiki masalah atau menghilangkan hambatan. Ini tentang menciptakan kemungkinan baru, memberi kita strategi yang lebih baik, dan meningkatkan apa yang sudah kita lakukan,” ujar Nuriyatus.

 

Nuriyatus menambahkan, program PKK ini sekaligus untuk memotivasi dan menciptakan rintisan usaha baru serta pendampingan untuk dapat berkembang dan mampu bermitra dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)/dunia usaha, permodalan, dan pemasaran serta instansi terkait. Bagi mereka  mengikuti program PKK, nantinya diharapkan bisa tumbuh sikap mental wirausaha dalam mengelola diri dan lingkungan, serta untuk bekal berwirasusaha. "Ke depan mereka menjadi warga masyarakat yang terampil sesuai dengan kebutuhan serta bermitra dengan usaha mikro kecil dan menengah," kata Nuriyatus.

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelatihan Pendidikan Kecapakan Kerja (PKK) Pemkab Banyuwangi Bantu Kembangkan Keterampilan Kerja Masyarakat

Trending Now

Iklan

iklan