Dampak Pendidikan Era Digital

Minggu, 05 September 2021 | 12:08 WIB Last Updated 2021-09-05T05:08:00Z

 



Karya Syahwa yuliandira Octaviani 

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Teknologi digital bukan merupakan hal yang baru dan dating secara tiba-tiba, tetapi sudah berproses sejak puluhan tahun 80an, sehingga sampai abad 21 sekarang ini, disebut era digital. Pada era ini penggunaan teknologi digital sudah menjadi kebutuhan. Dengan adanya perkembangan informasi ini seharusnya bisa mempermudah dalam dunia pendidikan. Namun yang terjadi tidaklah demikian, kencangnya informasi ternyata tidak selalu berpengaruh positif. Semua hal pasti ada efek positif dan efek negatifnya termasuk dengan teknologi informasi yang maju di era digital ini. Di abad yang ke 21 ini, teknologi digital menjadi semakin penting untuk memiliki keterampilan belajar dan berinovasi.

Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. 

Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan dapat meruntuhkan jarak antara tenaga pengajar dan pelajar. Teknologi informasi menawarkan cyber teaching atau pengajaran maya, di mana proses pengajaran dilakukan melalui internet. Sekarang sudah banyak website-website yang bergerak di ranah cyber teaching. Dengan teknologi ini tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar.

Pendidikan di era globalisasi berarti terintegrasinya pendidikan nasional kedalam pendidikan dunia. Peserta didik harus dibekali kompetensi yang memadai agar peserta didik dapat berkembang di era digital yang sangat kompetitif. Terdapat beberapa masalah dan tantangan yang dihadapi dunia pendidikan di era digital, antara lain kualitas pendidikan, profesionalisme tenaga kependidikan, kebudayaan (akulturasi), strategi pembelajaran, tantangan perbaikan manajemen, serta tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi dalam dunia pendidikan adalah suatu sistem yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diinginkan.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Pendidikan Era Digital

Trending Now

Iklan

iklan