Pentingnya Pendidikan Softskill dalam Mempersiapkan Jenjang Dunia Kerja

Minggu, 05 September 2021 | 07:08 WIB Last Updated 2021-09-05T00:08:00Z

 



Karya Syahwa yuliandira Octaviani 

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Soft skills merupakan keterampilan yang dapat membentuk kepribadian yang tangguh. Semakin banyak keterampilan halus (soft skills) yang dimiliki diharapkan semakin kuat kepribadian seseorang dalam menghadapi tantangan proses pembelajaran dikampus, tantangan kerja, maupun tantangan hidup yang lain.

Pelaksanaan pengembangan soft skills di sekolah tidak harus melalui perubahan kurikulum atau tambahan kurikulum pada kurikulum yang sudah ada, namun supaya lebih efektif dapat dilakukan dengan implementasi kurikulum, sehingga tidak akan menjadi mata pelajaran atau mata kuliah tersendiri melainkan menjadi hidden curriculum atau diselipkan di setiap mata kuliah salah satu mata kuliah yang konsep pembelajarannya pas untuk mengimplementasikan pengembangan soft skills adalah pendidikan.

Cara pengembangan soft skills salah satu nya adalah dengan menggunakan metode diskusi, bermain peran, diskusi dan diskusi kelompok, namun apabila atribut soft skills kerja sama yang akan dikembangkan, maka metode pemberian tugas kelompok perlu di lakukan.

soft skills diperlukan bukan hanya di dunia kerja dan dunia pendidikan saja tetapi juga di setiap sendi kehidupan.Sehubungan dengan itu maka mahasiswa sebaiknya aktif berkegiatan yang positif dengan memanfaatkan ajang kreatifitas yang ada.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Pendidikan Softskill dalam Mempersiapkan Jenjang Dunia Kerja

Trending Now

Iklan

iklan