Suka Duka Belajar Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 | 18:39 WIB Last Updated 2021-07-26T11:39:00Z

 

Karya Agus Aliatman Halawa

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Kegiatan belajar mengajar saat ini dilakukan melalui media daring, karena situasi sedang pandemi seperti ini maka media yang cocok untuk belajar mengajar adalah daring. Anak-Anak, Remaja, ataupun Orang Tua sedang tidak di perbolehkan melakukan aktivitas diluar rumah. Maka dari itu untuk tetap dapat membuka kelas bagi seluruh murid-murid maupun mahasiswa, diaplikasikanlah yang namannya metode online atau daring. Dengan menggunakan teknologi yang sangat membantu dalam merigankan pekerjaan manusia, dengan adanya handphone canggih dan internet membuat kehidupan semakin mudah dan tanpa jarak. Belajar pun saat ini bisa secara online.


Namun disisi lain, hal itu juga menimbulkan hambatan karena ada sebagian wilayah yang akses jaringan internetnya belum terjangkau ataupun ketidak tersediaanya telnologi elektronik karena tingkat ekonomi rendah sehingga tidak mampu membeli. Meskipun belajar


daring mereka masih terkendala dan belum bisa mengikuti pembelajaran. Dan ini sangat disayangkan. Tugas Pemerintah sekarang harus memberi perhatian khusus untuk membangun infrastruktur bagi daerah daerah terpelosok yang belum mendapatkan akses internet maupun belum tersediaanya teknologi.


Saya sendiripun terkadang mengalami kesulitan karena jaringan internet yang kurang stabil, ketika dosen sedang menerangkan tiba-tiba jaringan hilang dan saya tidak dapat mendengarkan apa yang dosen terangkan. Ataupun masalah kuota internet sedikit masalah karena selalu membeli paket padahal kuliah online seperti ini saya jarang mendapatkan uang.dan terkadang karena keluarga saya selalu ramai jadi kurang efektif dan kurang fokus. Terlebih dari itu semua daring tersebut membawa dampak positif juga seperti saya banyak memiliki waktu berinteraksi bersama keluarga. Saya dapat belajar dan mengerjakan tugas kapan dan dimana saja asal tidak lewat deadlines.


Saya sendiripun merasa jenuh dan bosan karena terus menerus melakukan pembelajaran secara daring, dan sangat ingin kekampus bertemu kawan-kawan ingin belajar tatap muka langsung bersama dosen. Namun untuk saat ini saya hanya bisa berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu, pemerintah serius dalam menangani virus ini dan kita selalu patuhi protokol kesehatan dan selalu jaga imunitas tubuh kita semoga kita jauh dari virus covid-19 dan sehat selalu. Aamiin.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Suka Duka Belajar Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan