Pentingnnya Membangun Pendidikan Karakter Positif bagi Anak

Selasa, 27 Juli 2021 | 07:40 WIB Last Updated 2021-07-27T00:40:00Z

 

Karya Agus Aliatman Halawa

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Membangun Pendidikan Karakter merupakan usaha Orang Tua untuk Mendidik anaknya dalam usaha membangun karakter pribadinya agar menjadi seseorang yang berguna/ bermanfaat bagi dirinnya dan juga orang banyak. Membangun karakter anak dari usia dini itu bertujuan untuk menanamkan nilai-niai karakter yang di didik secara terus menerus agar nantinya berguna untuk hidup mereka kelak nanti.


Banyak orang tua yang mengganggap bahwa pembentukan  karakter itu tidak penting, para orang tua yang terlalu cuek dengan pembentukan karakter anak, akan menyesal jika nanti anak tersebut tidak bertanggung jawab atas perilakunya sendiri, tidak bisa menghargai orang lain lebih khusus orang tuannya sendiri. Maka dari itu, sebelum terlambat pembentukan karakter itu sangat penting untuk membentuk perilaku anak menjadi baik. Sehingga ketika dia sudah remaja nanti anak tersebut menjadi generasi emas negri tidak hanya cerdas namun berakhlak mulia sesuai ajaran agama. 


Perlunnya dilakukan pembinaan,bimbingan, dan juga pengarahan serta pembentukan karakter pada diri anak agar bisa menjadi kebiasaan yang melekat sampai anak tersebut besar nanti.berikut ini beberapa cara-cara untuk membentuk karakter anak  :


Perbanyak Playtime. Memberikan waktu cukup main yang cukup adalah cara termudah supaya anak bisa berkembang ke potensi terbaik diriinnya. Bermain bisa membantu anak berkembang secara fisik,mental, dan emosional permain dalam grub juga mengajarkan anak bersosialisasi yang  baik, berimajinasi secara sehat.


Menceritakan kisah-kisah bermoral. Buku-buku cerita juga bisa menjadi pembentukan karakter bermoral dan tahu mana membedakan yang benar dan yang salah. Melalui peran yang unik dan tokoh yang ia sukai dari cerita tersebut.


Membatasi penggunaan gadget yang berlebihan. Jika anak terlalu tinggi menggunakan gadget studi menunjukann akan berpengaruh terhadap tingkat intelektualnnya dan perkembangan sosialnya jadi secukupnnya saja, dan mengajak anak aktif bermain untuk memberikan pengalaman hidup langsung yang baik untuknya.


Membangun Interaksi yang baik dengan anak. Karena biasannnya anak cenderung lebih senang berada di dekat orang yang ngebuat  dirinnya itu nyaman dan jangan pernah membuat anak merasa tertekan, jangan pernah membeda-bedakan karena tidak membeda-bedakan itu anak akan belajar menghargai satu sama lain. Mulailah menjadi contoh yang baik untuk anak-anak karena mereka sangat cepat menyerap apa yang ia lihat di lingkungan mereka.


Mengajarkan niai nilai agama sejak dini. Membiasakan disiplin dan bertanggung jawab mengajak mereka belajar ilmu agama maka nanti dia mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah,serta memiliki jiwa yang taat beribadah dan takut kepada allah swt.


Dengan ini diharapkan sang anak akan tumbuh dengan karakter yang baik dan cerdas dan mampu bersaing dengan generasi generasi seusiannya. Yang mana kelak nanti menjadi generasi emas yang berguna bagi dirinya,keluarga,negara serta agama.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnnya Membangun Pendidikan Karakter Positif bagi Anak

Trending Now

Iklan

iklan