Pentingnya Ber-olahraga untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selasa, 27 Juli 2021 | 12:44 WIB Last Updated 2021-07-27T05:44:00Z

 

Karya Agus Aliatman Halawa

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Olahraga adalah Merupakan suatu hal yang umum dan sering dilakukan sehari-hari. Aktivitas fisik ini bahkan kerap kali dikaitkan dengan kesehatan. Tak hanya berguna untuk untuk kesehatan fisik, olahraga juga disebut dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Olahraga juga sering diartikan sebagai suatu aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik manusia baik secara  jasmani maupun rohani.


Olahraga dapat dilakukan untuk berbagai tujuan namun pada umumnya olahraga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan. Selain itu juga olahraga sebagai tempat sarana penyaluran bakat ataupun hobby. Jika di kembangkan bakat tersebut dan di tekuni mungkin bisa saja menjadi atlit dari bakat tersebut yang dikembangkan dan ditekuni.


Apalagi saat ini sedang Pandemi covid ,olahraga sangat penting  untuk meningkakan kesehatan imun dan kekebalan tubuh kita. Tapi ingat olahraganya teratur dan di imbangi dengan pola makan yang sehat juga. Olahraga apa saja si yang dapat kita lakukan saat pandemi covid-19 ini?


Olahraga dengan intensitas yang sedang bisa dilakukan di dalam rumah maupun di luar ruangan yaitu;


Satu Bisa dengan Jalan Cepat. Jalan cepat disekitar rumah atau dengan naik turun tangga selama 10-15 menit, hal tersebut di ulang secara teratur sebanyak 3kali sehari. Ataupun bisa dengan Menari,Lompat Tali atau Berolahraga dirumah dengan memanaatkan internet dengan membuka Youtube lalu mencari Senam. Pasti asik dong apalagi bisa dilakukan bersama-sama keluarga namun tetap memperhatikan jarak juga.


Sedangkan olahraga di luar ruangan bisa dengan ;


Satu Berlari kecil (jogging) disekitar rumah,taman, ataupun tempat tinggal. Bisa juga bersepeda namun harus disesuaikan durasi berolahraga dengan kondisi fisik kita juga.


Banyak sekali manfaat kalo kita berolahraga. Berikut manfaat berolahraga guys:


Olahraga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Kita bisa melakukannya dengan contoh diatas, semakin kuat intensitas kita semakin tinggi detak jantungnya yang meningkatkan fungsi jantung dan membuat tubuh lebih baik/effisien.


Olahraga juga bisa mengontrol berat badan kita, saat kita bersepeda ataupun jogging ini bisa membakar lemak jahat yang ada didalam tubuh kita,sehingga kita dapat mengontrol berat badan kita. Dan sekali lagi ini dilakukan dengan secara rutin ya.


Kita sangat disarankan untuk berolahraga karena dari itu otak kita menjadi fresh dan kesehatan mental kita meningkat. Dengan melakukan yoga ataupun nge gym, olahraga ini memicu zat kimia otak yang membuat kita merasa senang dan rileks.


Yang terpenting lakukan secara rutin dan jadikan kebiasaan namun di perhatikan juga saat berolahraga dimasa pandemi ini jangan lupa menjaga jarak dengan orang lain,hindari kontak fisik, memakai masker dan sering lakukan mencuci tangan untuk menghindari penularan covid-19.


Semoga dengan berolahraga kita terhindar dari wabah penyakit ini ataupun penyakit lainnya sehingga kualitas hidup kita menjadi lebih baik.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Ber-olahraga untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Trending Now

Iklan

iklan