Merdeka Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 07:31 WIB Last Updated 2021-07-25T00:31:00Z

 

Karya Ainaya Putri Fatihah

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Belajar adalah proses yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan pengetahuan, keterampilan, tingkah laku dan nilai positif sebagai pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Ketika saya mendengar kata “merdeka belajar” yang diterapkan oleh Kemendikbud, saya merasa ragu-ragu karena mengingat kondisi pendidikan pada saat ini. Apalagi banyak sekolah dan perguruan tinggi ditutup akibat dari adanya COVID-19.


Tetapi peraturan tersebut tidak membatalkan instusi pendidikan unuk mengadakan pembelajaran. Bukan pembelajaran tatap muka, tetapi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berbagai kebijakan yang diterapkan oleh Kemendikbud untuk mendukung PJJ, antara lain: TVRI yang menyiarkan tayangan belajar dari rumah, penggunaan dana BOS yang dipakai untuk berlangganan platform belajar online serta membeli kuota internet yang dibagikan secara gratis kepada siswa,mahasiwa, dan tenaga pendidik.


Melalui konsep merdeka belajar, para siswa harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi saat ini. Sangat dibutuhkan program pendidikan yang ambis, agar siswa dapat menerima pendidikan yang layak dan kualitas yang terbaik untuk masa depannya.


Dengan adanya semangat inovasi, pendidik di tuntut untuk menerapkan berbagai macam teori dan menerapkan model atau cara pembelajaran terkini, seperti: pembelajaran campuran (blended learning), kelas terbalik (flipped classroom), dan pembelajaran daring. Ini sangat berguna untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif bagi siswa.


Konsep merdeka belajar sangat cocok pada pendidikan di era 4.0 untuk pengembangan pola pikir, meningkatkan kecerdasan, dan inovasi di tingkat pendidikan. Mari kita sama-sama semangat belajar dalam konsep merdeka belajar untuk calon pemimpin yg baik di masa depan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Merdeka Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan