Internet Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pelajar

Kamis, 01 Juli 2021 | 07:45 WIB Last Updated 2021-07-01T00:45:00Z

 

Karya Chadela Vindriyanti Putri

Mahasiswa FKIP Uhamka

Internet adalah media online yang dapat menyediakan saluran informasi tanpa batas dan bisa menyajikan banyak informasi bagi siapa saja. Begitu mudahnya dalam mendapatkan informasi, sehingga internet dijadikan sebagai perkakas yang sempurna untuk menyediakan dan mengumpulkan sejumlah besar orang secara elektronis. Informasi mengenai suatu peristiwa tertentu dapat ditransmisikan secara langsung sehingga membuatnya menjadi suatu piranti meriah yang sangat efektif.


Kemudahan yang diberikan internet bagi penggunanya, telah menjadi pilihan yang efisien bagi orang-orang untuk berkomunikasi dan juga mencari berita atau informasi. Salah satu fungsi internet yang sangat diminati adalah tersedianya layanan penelusuran terhadap informasi ilmiah, berkirim pesan dengan cepat, berdiskusi secara elektronik untuk bertukar informasi dan pendapat dengan pengguna internet lainnya.


Internet juga sering disebut sebagai dunia pengetahuan. Pelajar sering mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang relevan dari banyak situs di internet tentang subjek yang mereka pelajari. Dalam dunia pendidikan, Internet memainkan peran yang sangat vital karena internet telah mengubah cara pendidikan tradisional menuju arah yang lebih modern.


Saat ini penggunaan internet berkembang sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh para pelajar yang mengandalkan internet sebagai sumber informasi dan pembelajaran. Di samping itu, media internet yang tersedia macam-macam informasi didalamnya yang dapat diperoleh kapan saja dan apa saja, tetapi juga akan membahayakan bagi siswa-siswi jika tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, karena yang disajikan oleh media internet ini sangat luas dan berbagai macam bentuk. Jika tidak ada batasan bagi para pelajar, akan berdampak buruk dan merusak moral mereka sebagai generasi bangsa.


Meskipun begitu, internet merupakan salah satu produk teknologi yang dapat membantu kita meningkatkan taraf hidup melalui pendidikan. Dengan menggunakan internet, pelajar dapat menelusuri materi pembelajaran atau segala informasi lebih luas. Ini dapat membuat penggunaan Internet lebih banyak efektif. Para pelajar juga diharapkan dapat menggunakan internet sebagai media belajar yang membawa pengaruh positif. Baik dan buruknya pengaruh internet, kitalah sendiri sebagai pengguna yang harus pintar pintar dalam mengunakan media internet tersebut sesuai kebutuhan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Internet Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pelajar

Trending Now

Iklan

iklan