UNPAD : Layanan Pendampingan Psikolog Bagi Civitas yang Isoman

Rabu, 30 Juni 2021 | 19:36 WIB Last Updated 2021-06-30T13:19:09Z

  


Kabarpendidikan.id Semenjak adanya pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia makin familiar dengan istilah isolasi mandiri (isoman). Isoman wajib bagi orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, khususnya bagi orang tanpa gejala (OTG).


Untuk membantu sivitas akademika yang menjalani isoman, Universitas Padjadjaran (Unpad) meluncurkan program pendampingan. Program ini terbuka bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.


Program ini bertajuk Prima selama Isolasi Mandiri atau disebut Prisma. Program Prisma merupakan layanan pendampingan yang dikembangkan Fakultas Psikologi, Pusat Inovasi Psikologi Unpad, serta Satgas Covid-19 Unpad. Layanan ini terbuka bagi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang memerlukan pendampingan selama menjalani isolasi mandiri.


Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pendampingan terhadap pasien Covid-19 sangat diperlukan. Beragam tindakan penanganan yang mesti dilakukan sendiri saat isolasi memiliki tantangan tersendiri.


"Kelihatannya mudah. Akan tetapi tampaknya pendampingan saat isolasi mandiri tidak hanya dari buku atau dari tutorial. Lebih mudah jika lewat mendengar," kata Rektor Unpad seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (29/6/2021).


Dengan mengikuti program ini, tim pendamping yang terdiri dari psikolog, dokter, relawan, perawat, hingga mahasiswa akan intens melakukan pendampingan dan pemantauan kondisi psikologis pasien Covid-19. Selain kesehatan pasien tetap terpantau, pasien juga diharapkan mampu memiliki optimisme untuk bisa sembuh dari penyakitnya.


"Dosen, tendik, mahasiswa, dan pimpinan menyambut baik program ini. Dengan adanya program ini, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik," ungkap Rektor.


Secara teknis, bagi warga Unpad yang memerlukan layanan program Prisma saat isolasi mandiri dapat mendaftar melalui tim Champion Covid-19 yang berada di setiap fakultas atau unit kerja. Tim Champion merupakan individu terpilih dari setiap unit kerja yang berperan membantu pimpinan universitas dan Satgas Covid-19 Unpad.


Petugas yang tergabung dalam tim Champion, bertugas menjalankan berbagai program terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 di lingkungan Unpad. Setelah mendaftar, tim Champion akan menindaklanjuti dengan memasukkan peserta ke dalam grup WhatsApp khusus Prisma. Peserta kemudian akan mendapat informasi dan layanan selanjutnya dari tim Prisma.


Acara peluncuran program Prisma juga diisi dengan gelar wicara 'Kiat Tetap Prima dan Semangat selama Isolasi' oleh Dosen Fakultas Kedokteran Unpad Fedri Ruluwedrata Rinawan. (AL)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UNPAD : Layanan Pendampingan Psikolog Bagi Civitas yang Isoman

Trending Now

Iklan

iklan