Pendidikan di Abad ke-21

Rabu, 09 Juni 2021 | 12:22 WIB Last Updated 2021-06-11T23:33:28Z

 


Karya Riska Dewi Herawati

(Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Di abad ke-21 teknologi sudah semakin canggih, banyak penemuan-penemuan yang sangat hebat. Internet sudah masuk ke hampir berbagai pelosok dunia, dan di permudah lagi dengan adanya sosial media. Dengan sosial media orang-orang dari berbagai penjuru dunia bisa bercakap-cakap dan berteman. Lantas apa hubungannya teknologi abad ini dengan pendidikan?


Dengan adanya teknologi canggih ini, dunia pendidikan diharapkan dapat berkesinambungan dengan kemajuan zaman. Sekarang banyak alat pilihan yang digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan adanya teknologi, baik guru maupun murid dipermudah dalam proses belajar mengajar. Lebih hemat waktu dan lebih hemat ruang.


Guru sebagai pengajar di minta untuk cakap dan dapat menguasai berbagai teknologi yang digunakan untuk proses belajar mengajar di era digital ini. Guru juga harus inovatif dalam pengajarannya agar murid yang menerimanya tidak mudah bosan. Dengan menguasainya guru dapat berinteraktif dengan murid lebih mudah, contoh kasus adalah saat pandemi COVID_19 yang kita alami sekarang. WFH (Work From Home) yang dilakukan selama ini terasa mudah karena adanya teknologi.


Jika ada dampak positif maka akan selalu ada dampak negatif, di samping banyaknya dampak positif tidak dapat dipungkiri dampak negatifnya pun ada. Masih banyak guru guru senior atau guru yang sudah uzur tidak tahu cara menggunakan teknologi dalam proses belajar pembelajaran. Di karena kan perbedaan zaman dan teknologi pada saat guru tersebut masih muda dulu. Ada pula dari pihak murid yang kekurangan device saat pembelajaran. Pada saat pandemi semua kegiatan belajar mengajar di lakukan di rumah, untuk keluarga menengah ke bawah itu menjadi hal yang menyulitkan karena kurangnya alat atau media untuk pembelajaran anak-anak mereka. Mulai dari kurangnya device maupun kuota.


Di samping dampak yang dirasakan di dunia pendidikan di era digital ini, guru harus mampu menguasai dan memberi inovasi lanjutan untuk pembelajaran. Baik pembelajaran di dalam kelas maupun di aplikasi-aplikasi pembelajaran lainnya. Zaman semakin maju, maka manusia nya pun harus semakin hebat dan berkembang lagi untuk menciptakan hal-hal yang baru, semoga dunia pendidikan semakin baik lagi kedepannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan di Abad ke-21

Trending Now

Iklan

iklan