Guru yang Kreatif, Pendidikan Indonesia Berkemajuan

Sabtu, 05 Juni 2021 | 15:23 WIB Last Updated 2021-06-11T09:12:39Z

  

Karya Herdin Muhtarom

(Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA)


Indonesia merupakan Negara yang memiliki tingkat pendidikan yang kurang berkemajuan dalam mengembangkan efektivitas dalam dunia pendidikan, pemerintah masih belum bergerak dalam merekontruksi ulang dalam dunia pendidikan di Indonesia. Hal tersebut bukan sekedar permasalahan sederhana, namun permasalahan yang harus dapat ditemukan solusi untuk merekontruksi ulang pendidikaan Indonesia. Namun untuk menghilangkan paradigma dari permasalahan tersebut pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai cara untuk merekonstruksi ulang dalam dunia pendidikan sehingga memberikan pendidikan yang berkemajuan bagi penerus bangsa yaitu dengan adanya perombakan dalam kurikulum yang di gunakan. Adanya perubahan kurikulum di Indonesia tentunya untuk bertujuan dalam meningkatkan progresivitas dalam dunia pendidikan, sehingga dengan adanya perombakan kurikulum akan memberikan dampak terhadap pola perkembangan anak yang menyesuaikan dengan perubahan peradaban. Jika kita, tidak merubah kerangka dalam kurikulum yang digunakan akan memberikan dampak pada perkembangan anak terutama dalam mengeskplorasi dari kerangka berfikirnya.


Namun, kurikulum hanya sebatas catatan atau scenario dalam mencapai tujuan dari dunia pendidikan tersebut, untuk mencapai tujuan dalam kurikulum terdapat peran utama dalam dunia pendidikan yaitu seorang guru. Guru merupakan pelengkap dalam mengembangkan pola pikir peserta didik untuk terus memberikan pendidikan di Indonesia yang berkemajuan. Oleh karena itu, peran guru menjadi tombak utama untuk mengembangkan pendidikan yang berkemajuan sehingga permasalahan di dunia pendidikan Indonesia dapat teratasi. Solusi yang dapat dikembangkan oleh seorang guru di era globalisasi saat ini yaitu dengan menggunakan kerangka berpikir kreatif dalam mengekspresikan pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui pemikiran kreatif seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar akan memberikan berkemajuan dalam dunia pendidikan sehingga dapat mencapai tujuan dari kurikulum sebagai scenario dalam mencapai pendidikan yang berkemajuan.


Salah satu pola kreatif seorang guru yaitu dalam menentukan model pembelajaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan kurikulum. Dunia pendidikan di Indonesia saat ini lebih menekankan terhadap peserta didik untuk terus mengeksplorasi materi yang akan diberikan, namun hal tersebut bukan berati seorang guru tidak mendampingi kegiatan belajar peserta didik di kelas. Melainkan guru memberikan model pembelajaran yang kreatif sehingga memberikan pendidikan yang berkemajuan. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikembangkan sehingga memberikan dampak dari pola pikir kreatif guru maupun peserta didik yaitu dengan model pembelajaran dengan teknik mendongeng. Mendongeng adalah kegiatan melakukan suatu informasi kepada teman sebaya untuk memberikan informasi yang diketahui baik dari peserta didik maupun dari seorang guru, tentunya hal tersebut akan memberikan tingkat kreativitas dari peserta didik maupun guru, karena dalam melakukan komunikasi melalui mendongeng diperlukanya teknik dalam bercerita sehingga pendengar tetap fokus mendengarkan informasi yang telah diberikan.


Dengan demikian, untuk merekonstruksi ulang dunia pendidikan di Indonesia tidak hanya merubah paradigma dari tujuan kurikulum saha, melainkan merekonstruksi dari segi model pembelajaran yang akan mencapai dari tujuan kurikulum tersebut. Oleh karena itu, peran guru sangat penting untuk meningkatkan kemajuan pendidikan di Indonesia melalui pola pikir kreatif dalam memadukan model pembelajaran yang akan digunakan sehingga dapat memberikan dampak terhadap dunia pendidikan Indonesia yang berkemajuan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Guru yang Kreatif, Pendidikan Indonesia Berkemajuan

Trending Now

Iklan

iklan