Menumbuhkan Pendidikan karakter dan Kreativitas pada Anak Usia 4-6 tahun Melalui Metode Permainan Balok

Jumat, 09 April 2021 | 13:44 WIB Last Updated 2021-04-09T08:51:03Z


(Mila Septiana / Mahasiswa D3 Perpajakan FEB UHAMKA)                

Kabarpendidikan.id Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar dan menempati kedudukan yang sangat strategis dalam upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulus agar membantu perkembangan, pertumbuhan baik jasmani maupun rohani sehingga anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan yang lebih lanjut, salah satunya ialah mengajarkan pada anak tentang pendidikan karakter.

 

Pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

 

Pada hakikatnya anak usia dini berbeda pada tahap pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat, baik fisik maupun mental. Maka tepat bila dikatakan bahwa usia dini adalah usia emas (golden ege), dimana anak sangat berpotensi mempelajari dan menyerap berbagai informasi dengan mudah. Oleh karena itu pada masa ini masa yang sangat penting dalam memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemilihan permainan yang benar dan tepat dapat menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan kreativitas anak.

 

Oleh karena itu, saya  menggunakan metode  atau media pembelajaran pada anak usia 4-6 tahun menggunakan permainan balok, aktivitas bermain balok terhadap anak usia dini atau sekitar umur 4-6 tahun agar anak belajar tanpa merasa ada tekanan, dan anak pun belajar sambil bermain dengan memiliki rasa senang dan gembira. Sehingga dia mampu berimajinasi dan berkreativitas. Permainan balok adalah permainan berbentuk balok-balok kecil yang dapat disusun oleh anak. Permainan ini dapat menunjukkan adanya peningkatan perkembangan berfikir mereka, sehingga dapat membentuk pendidikan karakter dan menumbuhkan kreativitas pada anak.

Manfaat permainan balok :

1. melatih otorik halus

2. belajar mengenal konsep

3. melatih kesabaran

4. mampu memecahkan masalah

5. melatih jiwa sosial

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menumbuhkan Pendidikan karakter dan Kreativitas pada Anak Usia 4-6 tahun Melalui Metode Permainan Balok

Trending Now

Iklan

iklan