Dosen FIKes Uhamka Berikan Edukasi Penyakit Degeneratif dan Demo Pembuatan Cemilan Sehat

Kamis, 15 April 2021 | 13:28 WIB Last Updated 2021-04-15T06:58:53Z


Kabarpendidikan.id
Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan UHAMKA yang terdiri dari Retno Mardhiati, S.K.M., M.Kes serta Rina Khairunnisa Fadli, S.K.M., M.Kes berikan edukasi penyakit degeneratif untuk lansia. Tidak hanya itu, terdapat pula demo pembuatan camilan sehat Berbahan Dasar Ubi Ungu yang memotivasi masyarakat untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan gula.

 

Kegiatan yang diselenggarakan pada 14 April 2020 sampai dengan 10 Mei 2020 ini bekerja sama dengan Rumah Cinta Keluarga Sehat Indonesia Srengseng Sawah beserta Rumah Cinta Keluarga Sehat Indonesia Jagakarsa dengan melibatkan 126 Ibu Rumah Tangga di Wilayah Jagakarsa dan Srengseng Sawah sebagai peserta. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring, melalui penyebaran poster dan juga video demo yang disebarluaskan kepada masyarakat sekitar melalui bantuan mitra.

 

"Alasan mengapa ubi ungu yang kami ambil sebagai sampel demo pembuatan camilan adalah penggunaan tepung ubi ungu dalam camilan untuk lansia, merupakan hal yang sangat baik karena adanya kandungan gizi di tepung ubi ungu yang mengandung zat bioaktif bernama antosianin dengan fungsi sebagai antioksidan. Antosianin ini memiliki kemampuan melawan radikal bebas, juga memiliki fungsi lain seperti antikarsinogenik, menyehatkan fungsi liver, mencegah tekanan darah tinggi, dan mencegah peningkatan kadar gula darah diatas ambang normal." tutur Rina Khairunnisa selalu panitia penyelenggara.

 

"Intinya, Camilan sehat ini cocok untuk lansia. Karena rendah gula, rendah lemak, dan mengandung zat bioaktif antosianin." lanjutnya.

 

Ketua Rumah Keluarga Sehat Indonesia (RKSI) menyambut positif pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat walaupun tidak dilakukan secara praktek di lapangan.

 

"Pemanfaatan tepung ubi ungu oleh masyarakat masih sangat jarang, salah satu penyebabnya belum banyak informasi yang tersampaikan ke masyarakat, kandung zat gizi dan manfaat nya untuk kesehatan." Ujarnya. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FIKes Uhamka Berikan Edukasi Penyakit Degeneratif dan Demo Pembuatan Cemilan Sehat

Trending Now

Iklan

iklan