Dosen FEB Uhamka Selenggarakan Webinar Pentingnya Berinvestasi di Tengah Pandemi

Jumat, 16 April 2021 | 05:02 WIB Last Updated 2021-04-15T22:02:18Z


Kabarpendidikan.id
Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka UHAMKA mengadakan webinar kepada para anggota organisasi Persatuan Wanitan Patra (PWP) mengenai pentingnya pengelolaan keuangan yang baik dan cara berinvestasi yang efektif pada Selasa (23/2/2021). 


Webinar ini bertujuan untuk memberikan edukasi pentingnya investasi, produk-produk investasi, hingga simulasi cara berinvestasi dengan beberapa platform tertentu. Kegiatan ini diinisiasi oleh beberapa dosen FEB Uhamka diantaranya Novita Maharani, Farah Nisa Ul Albab, dan Diah Ayu Legowati dengan mengangkat tema literasi keuangannya yaitu Nitip Duit Dapet Untung.


Ketua pengabdian masyarakat, Novita Maharani, menuturkan “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat terlebih kepada Persatuan Wanita Patra untuk meningkatkan pemahaman dan minat berinvestasi anggota pada produk-produk keuangan seperti deposito, sukuk, saham, reksadana dan lain-lain”


Webinar ini kurang lebih diikuti oleh 30 peserta. Kegiatan dimulai dengan ice breaking yang bertujuan agar suasana lebih santai dan  peserta semangat dalam mengikuti webinar. Webinar berjalan interaktif ditandai dengan adanya umpan balik dari peserta PWP. Selain itu, selama webinar berlangsung peserta PWP juga aktif bertanya seputar investasi. Hal ini menunjukkan antusiasme peserta yang besar dalam mengikuti webinar. 


Kegiatan diakhiri dengan kuis dan sharing dari salah satu peserta PWP yang menceritakan bagaimana pengalamannya dalam melakukan investasi pada reksadana dan saham terlebih dahulu. 


“Kita tidak hanya memberikan edukasi secara teori. Kebetulan ada salah seorang peserta yang sudah mempraktekkan investasi secara langsung melalui produk reksadana dan saham. Kita meminta beliau untuk membagikan pengalamannya dalam berinvestasi. Jadi kita ingin memberikan gambaran mengenai investasi melalui pengalaman langsung beliau kepada peserta PWP yang lain”, tutur Novita Maharani.


Tak lupa ada beberapa saran dan masukan dari peserta terkait dengan webinar.

 “Kalau bisa kegiatan seperti ini dapat berlanjut, misalnya praktek investasi langsung dengan menggunakan platform-platform investasi yang ada”, ujar Bu Dini, salah satu peserta PWP.


Diharapkan pengabdian masyarakat ini dapat mengedukasi peserta PWP terkait investasi sehingga dapat berdampak pada pengambilan keputusan keuangan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FEB Uhamka Selenggarakan Webinar Pentingnya Berinvestasi di Tengah Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan