Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19

Senin, 15 Maret 2021 | 08:18 WIB Last Updated 2021-03-15T01:51:12Z


Kabarpendidikan.id
Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya Pendidikan. Dunia Pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. 


Pendidikan harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online)


Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal komputer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran Bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), telegram, Instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaraan.


Dengan demikian, pendidik dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Pendidik pun dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik. 


Kondisi pandemik Covid-19 ini mengakibatkan perubahan yang luar biasa, termasuk bidang Pendidikan. Seolah seluruh jenjang Pendidikan dipaksa bertranformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba drastik untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online).


Ini tentu bukanlah hal yang mudah, karena belum  sepenuhnya siap. Problematika dunia Pendidikan yaitu belum seragamnya proses pembelajaran, baik standar maupun kualitas capaian pembelajaran yang diinginkan. 


(Adelia Eka Putri/ Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan