Antusias Anak PAUD dalam Belajar Mengenal Profesi

Senin, 15 Maret 2021 | 08:58 WIB Last Updated 2021-03-15T01:58:02Z



Kabarpendidikan.id Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu upaya pembinaaan anak-anak mulai dari usia 0-6 tahun, yang dilakukan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak supaya anak siap untuk memasuki pendidikan lanjutan. Pendidikan anak usia dini diselenggarakan melalui beberapa jalur pendidikan di Indonesia yaitu, formal, non formal, dan informal. 


Anak-anak di usia 0-6 tahun atau biasa yang disebut dengan “golden age” adalah periode emas perkembangan anak. Pada usia tersebut anak akan cenderung lebih cepat dan antusias dalam belajar hal baru. Seperti anak-anak  yang ada di TPQ Darul Mu’minin, mereka sangat tertarik mempelajari hal baru yang diajakarkan oleh guru di kelas sehingga menimbulkan antusias anak.


Tema favorit anak-anak TPQ Darul Mu’minin adalah tema profesi. Tujuan tema profesi adalah memperkenalakn macam- macam profesi dan pekerjaannya pada anak. Pada tema tersebut anak akan bermain peran seolah-olah menjadi profesi tersebut. Anak-anak antusias karena menggunakan atribut pelengkap, melakukan pekerjaan profesi, dan belajar sambil bermain membuat anak menjadi lebih antusias. Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari tema profesi, diantaranya; bertanggung jawab, kreatif, disiplin, dan lain-lain. 


PAUD merupakan pembinaaan anak sebelum masuk Sekolah Dasar. PAUD terdapat di berbagai jalur pendidikan. Anak usia dini lebih tertarik dan antusias dalam mempelajari hal baru. Anak-anak TPQ Darul Mu’minin contohnya sangat antusias dalam mempelajari tema profesi, yang bertujuan mengenalkan macam-macam profesi dan pekerjaannya pada anak.


(Devi Nuraidah/Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antusias Anak PAUD dalam Belajar Mengenal Profesi

Trending Now

Iklan

iklan