Keberhasilan Belajar di Masa Pandemi ditentukan dari Motivasi Pribadi

Jumat, 19 Maret 2021 | 14:55 WIB Last Updated 2021-03-19T07:55:23Z


Kabarpendidikan.id
Belajar adalah kegiatan dimana seseorang atau siswa melakukan sebuah tindakan untuk mendapatkan pengetahuan. Belajar juga merupakan kewajiban dari semua pelajar, tanpa terkecuali. Proses belajar haruslah diciptakan dengan kondisi kondusif demi tercapainya tujuan belajar yang diinginkan. Belajar juga harus disertai motivasi untuk menambah serta mendorong siswa agar giat dalam belajar. 


Masa pandemi seperti saat ini, mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan dari rumah masing-masing atau biasa disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Proses belajar ini lah yang sebenernya sangat melelahkan untuk sebagian pelajar. Pelajar diwajibkan untuk disiplin, karena pembelajaran tidak lagi mengandalkan orang lain, melainkan dirinya sendiri.


Belajar yang semula menjadi kegiatan menyenangkan, dimana saat belajar bukan hanya mendapatkan pengetahuan, tapi dapat terjalinnya pertemanan antara satu dengan yang lain. Kini belajar yang dirasakan oleh sebagian besar pelajar di Indonesia, sudah sangatlah hambar. Siswa atau siswi saat ini bukan lagi berjuang dalam menimba ilmu saja, namun berjuang melawan keinginan dan hawa nafsu diri sendiri. 

 

Susah untuk bertahan di tengah-tengah kondisi seperti ini, apalagi dimana saat ini berjuang tanpa bantuan orang lain seperti sahabat atau teman. Inilah yang menyebabkan kurang minat belajar dalam masa pandemi seperti ini. Sebagian pelajar terkadang mendapatkan semangat dari teman-temannya. Jadi bisa dibayangkan jika dalam kondisi sekarang pelajar sulit membangun kondisi semangat belajar, karena ketidak ada teman yang menemani.


Semoga kondisi seperti saat ini cepat berlalu, dan para pelajar dapat kembali merasakan bangku sekolah yang sudah mulai berdebu tebal.


(Fatimah Az Zahra / Mahasiswa FKIP UHAMKA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keberhasilan Belajar di Masa Pandemi ditentukan dari Motivasi Pribadi

Trending Now

Iklan

iklan