FAI Uhamka Kenalkan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Menggunakan Metode Card Sort

Senin, 08 Maret 2021 | 16:57 WIB Last Updated 2021-03-10T14:55:32Z


Kabarpendidikan.id
Demi terwujudnya Pengabdian Masyarakat dilingkungan Fakultas Agama Islam (FAI) UHAMKA di masa pandemi Covid-19. Kali ini FAI Uhamka berkolaborasi  antara civitas akademisi mahasiswa dan dosen Fakultas Agama Islam Universitas Prof. DR. HAMKA  dengan lembaga kemasyarakatan. Pengabdian Masyarakat dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian Mahasiswa Fakultas Agama Islam dengan Progam Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA tingkat akhir terhadap masyarakat di lingkungan sekitar.
 
Kegiatan yang terlaksana pada hari Kamis s.d. Sabtu tanggal, 18 s.d. 20 2021 dengan melibatkan mahasiswa, dosen UHAMKA, anak-anak usia 3 tahun sampai 11 tahun, serta Ketua RT 006 Kota Bambu Selatan VI. Kegiatan ini dilaksanakan di Mushollah Assaiyah II dengan dihadiri oleh 15 anak selama 3 hari. 


 
Dalam kegiatan 3 hari tersebut, hari pertama materi pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan metode card sort yang disampaikan oleh Rohmawati Putri Utami, hari kedua materi hukum tajwid (mad thabi’i , idzhar dan idhgom) dengan menggunakan metode card sort yang disampaikan oleh Siti Marwah dan hari ketiga membuat kreativitas kerajinan tangan (bingkai) disampaikan oleh Anida Mei Handini.


 
Diadakannya kegiatan ini dengan melatar belakangi dimasa pandemi covid-19 berdampak kepada proses pembelajaran. Dilihat dari situasi saat pandemi RT 006 Kota Bambu Selatan VI, banyaknya anak-anak yang tidak mengaji karena selama masa pandemi tidak adanya pengajian, setelah itu diputuskan untuk membuka pengajian di rumah karena dampak dari tidak adanya pengajian terlihat banyak  anak-anak hanya bermain di luar rumah dan bermain gadget sehingga lupa waktu. Setelah dibuka tempat pengajian di rumah dengan jumlah peserta yang terbatas, adanya permasalahan yaitu anak yang kurang mengenal dan memahami huruf hijaiyah, hukum tajwid (mad thabi’i , idzhar dan idhgom), serta tidak adanya pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas psikomotorik anak. 


 
Tujuan dari kegiatan ini diharapkan anak-anak lebih mengenal dan memahami huruf hijaiyah, hukum tajwid  (mad thabi’i , idzhar dan idhgom) serta mengembangkan kreativitas psikomotorik anak seperti mewarnai, membuat kerajinan tangan.
 

 
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibuka langsung oleh Muhammad Arifin Rahmanto, M.Pd selaku dosen pebimbing. “ Saya senang bisa menghadiri pengabdian masyarakat di lingkungan RT 006 Kota Bambu Selatan VI, saya mengucapkan terimakasih kepada ketua RT 006 serta Ketua Musholla Assaiyah II yang telah berkenan menerima pengabdian masyarakat diwilayah ini. Dan saya berharap agar anak-anak lebih giat dalam sholat dan mengaji karena sangat penting baik untuk di dunia maupun akhirat. Pentingnya mempelajari huruf hijaiyah dan hukum tajwid agar anak-anak dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sehingga bisa belajar dengan menggunakan murattal atau nagham." Ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama, salah satu perwakilan Ketua RT 006 menyampaikan “Saya berterimakasih kepada pihak UHAMKA dalam mengadakan pengabdian masyarakat di wilayah ini. Dengan adanya pengabdian masyarakat memberikan ilmu serta motivasi kepada anak-anak untuk selalu belajar mengaji walaupun di masa covid-19”.



Annisa Febrianty, salah satu anak yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat, menyampaikan sangat senang dan berterima kasih kepada panitia pelaksana sudah mengadakan pengabdian masyarakat di lingkungan RT 006 Kota Bambu Selatan VI. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini dengan menggunakan metode card sort saya dan teman-teman bisa lebih mudah untuk mengenal dan memahami huruf hijaiyah, hukum tajwid serta mengembangkan kreativitas saya melalui pembuatan kerajian tangan (bingkai).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FAI Uhamka Kenalkan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Menggunakan Metode Card Sort

Trending Now

Iklan

iklan