Mahasiswa FAI Uhamka Bersinergi Membentuk Masyarakat yang Islami di Masa Pandemi

Senin, 08 Maret 2021 | 16:24 WIB Last Updated 2021-03-08T09:24:58Z

Kabarpendidikan.id
​Di era pandemi saat ini, kita semua sangat merasakan kesulitan dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, hal tersebut disebabkan karena masih tingginya intensitas penularan virus Covid-19. Terutama dalam sektor pendidikan, di era pandemi saat ini mengharuskan kita semua untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan cara daring atau online.


​Sudah menjadi kewajiban bagi Mahasiswa semester akhir untuk melakukan kegiatan KKS (Kuliah Kerja Sosial) seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universistas Prof. DR. Hamka. Program kegiatan KKS ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari semasa belajar di dalam kelas ​dengan harapan bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga saat melakukan kegiatan KKS tersebut.


​Universitas Prof. DR. Hamka biasanya melakukan program KKS di suatu daerah yang terpencil yang kurang akan Ilmu Pengetahuan dan Sumber Daya Manusia. Namun, di masa pandemi seperti ini program KKS diubah menjadi perdomisili di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa dan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil.


​Dekan FAI UHAMKA Fitri Liza M.Pd mengingatkan pada saat memberikan intruksi kepada mahasiswa “kepada seluruh mahasiswa yang melakukan kegiatan KKS ini agar selalu senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat (3M) seperti, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Menghindari Kerumunan," ujarnya.


​Program kerja KKS kelompok 1 ini dengan melakukan kegiatan pembelajaran Tahsin Al-Quran di Majlis Taklim Daarus Surur yang bertempat di Paninggilan Utara, Ciledug, kota Tangerang yang sekaligus menjadi mitra KKS kami. Adapun kelompok 1 KKS ini terdiri dari 2 orang yaitu Abdul Qais Asyrafuddin dan Firda Wahyuni dengan di bawah bimbingan ibu Ai Fatimah Nur Fuad Lc, MA., Ph.D.
​Pelaksanaan KKS ini dengan melakukan pengajaran kepada ibu-ibu Majlis Taklim Daarus Surur yang berjumlah 15 orang dan diadakan selama 4 kali pertemuan.


​Kegiatan KKS ini dilaksanakan secara offline, meskipun demikian hal itu tidak terlepas dari amanah bu Ai Fatimah Nur Fuad Lc, MA., Ph.D selaku dosen pembimbing kelompok 1 “Walaupun kegiatan KKS nya dilaksanakan secara offline tapi harus tetap melakukan protokol kesehatan 3M agar kegiatan KKS nya berjalan dengan aman dan nyaman sehingga tidak menjadi cluster baru dalam penyebaran Covid-19.”


​Tujuan dari adanya pelaksanaan KKS ini adalah untuk meningkatkan kesempurnaan membaca Al-Quran, “selaras dengan semakin dekatnya kita dengan Al-Quran maka keimunan kita juga akan ikut meningkat sehingga bisa membuat diri kita menjadi aman. Seperti slogan kami yaitu, Iman Imun dan Aman.” Ujar Abdul Qais pada saat melakukan pembukaan kegiatan KKS.


​“Saya merasa sangat senang dan bangga sekali atas kehadiran mahasiswa dari UHAMKA yang memberikan nuansa baru dalam pengajaran Al-Quran di pengajian ini, dengan metode pengajaran yang interaktif dan komunikatif membuat kita semua mudah memahami materinya.” Ujar salah satu ibu pengajian Majlis Taklim Daarus Surur.

 

Ustadz Amsir Al-Buni selaku pimpinan Majlis Taklim Daarus Surur juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa UHAMKA. “Saya mengucapkan banyak terimakasih karena sudah mau membantu dalam pengajaran di Majlis ini, pesan saya kepada mahasiswa UHAMKA agar jangan berhenti untuk berdakwah, karena sejatinya kalian semua adalah calon-calon pendidik di masa yang akan dating.” Pesan Ustadz Amsir Al-Buni pada saat penutupan kegiatan KKS.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FAI Uhamka Bersinergi Membentuk Masyarakat yang Islami di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan